Mohon tunggu...
Aulia Wijayanti
Aulia Wijayanti Mohon Tunggu... Aulia

Aulcantik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengulik Wisata Alam di Tengah Padatnya Kota Jakarta

14 Juni 2021   18:18 Diperbarui: 14 Juni 2021   18:18 26 2 0 Mohon Tunggu...

Hallo nama saya Aulia Wijayanti biasa dipanggil Aul, Penerima Beasiswa Unggulan STP Trisakti 2019. Kali ini aku mau bercerita mengenai wisata alam di pusat ibukota. Ternyata ada loh wisata alam di tengah padatnya kota jakarta, Yaitu wisata hutan mangrove yang saat ini lagi hits di social media.

Wisata hutan mangrove jakarta ini berlokasi di pantai indah kapuk, di Jalan Garden House RT.8/RW.1 Kamal Muara Penjaringan, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470

Disana terdapat tiga objek wisata yang pertama yaitu Suaka Margasatwa Muara Angke yang tertutup untuk umum, Hutan Mangrove. Selanjutnya Taman Wisata Alam Mangrove Angke yang memang merupakan area wisata berbasis konservasi mangrove.

Disana kita bisa menikmati suasana alam yg menyejukkan walaupun cuaca panas tetapi suasana angin yg sepoi sepoi dan banyak pepohonan membuat keadaan nyaman dan damai. Sangat cocok untuk melepaskan penat selama sibuk menjalani aktifitas sehari hari.

Tidak hanya itu saja disana termasuk tempat yang damai karna lokasinya luas sehingga kita merasa aman untuk berwisata ditengah pandemic seperti saat ini. Dan kita juga tidak perlu takut karna disana juga menetapkan protokol kesehatan dengan baik.

Selain wisata alam nya disana juga banyak kantin kantin bahkan terdapat caffe yang view nya sangat instagramable sehingga dapat memenuhi kebutuhan social media dan perutpun aman.

Kegiatan wisata yang bisa kita lakukan terdiri dari Mengelilingi Kawasan Hutan Mangrove di Jembatan Kayu walaupun hanya berkeliling jembatan kayu tapi ini sangat menarik pengunjung karna lokasinya sangat unik dan jarang ditemu di ibukota, yang kedua yaitu Mengamati burung. Di kawasan hutan wisata mangrove jakarta adalah habitat bagi banyak burung pesisir. Untuk mendepatkan kesempatan itu kita bisa menuju area jembatan pengamatan burung.

Kemudian Menanam Bibit Mangrove, biasanya kegiatan ini dilakukan bagi pengunjung rombongan dari sekolah atau pecinta alam. Tapi bagi kita yang mau menanam walaupun tidak memiliki rombomngan tetap bisa kok untuk menanam bibit mangrove. Keempat ada Wisata Air kita bisa menyusuri hutan mangrove menggunakan perahu yang sudah di sediakan jadi kita tidak perlu cape jalan untuk berkeliling.

Disana juga terdapat taman bermain anak, jadi aman bagi family trip yang membawa anak anak bisa bermain di wahana yg diberikan sehingga anak tidak akan merasa bosan. Kemudian bagi kita yang ingin staycation bisa banget karna wisata hutan mangrove menyewakan villa.

Mengenai harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu 30.000 untuk orang dewasa, 10.000 untuk anak anak, dan 150.000 bagi WNA tanpa kitas. Dengan harga tersebut kita bisa menikmati wisata hutan mangrove dengan puas.

Jadi buat kalian yang cari suasana beda di ibukota jakarta bisa banget dateng ke wisata mangrove karna lokasi yg mudah dijangkau harga tiket yang pas dikantong dan suasana alam yang sangat susah didapatkan dikota jakarta. Pasti akan merasa damai berwisata ke hutan mangrove.

VIDEO PILIHAN