Mohon tunggu...
Aulia Rahmadani
Aulia Rahmadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia

I'm the sunshine of my own life

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Inovasi Tempat Sampah dari Bambu Guna Membantu Meningkatkan Kebersihan Lingkungan Sekitar

12 Agustus 2022   03:22 Diperbarui: 12 Agustus 2022   03:30 233 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SAMPAH menjadi salah satu problematika di Indonesia. Padahal, sering kita temui peringatan bertuliskan 'Dilarang membuang sampah sembarangan'. Namun, masih saja ada masyarakat yang acuh tak acuh.

Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan khususnya membuang sampah sembarangan mungkin dirasa kurang menarik jika hanya mengandalkan tulisan umum bersifat himbauan ataupun larangan.

Sampah merupakan material sisa yang menjadi salah satu faktor penentu dalam kebersihan lingkungan. Di RW 04 Negla, Kelurahan Isola sendiri ketersediaan tempat sampah masih sangat kurang. Kurangnya penyediaan tempat sampah pada daerah ini melatarbelakangi akan pelaksanaan program kerja ketiga yaitu penyediaan tempat sampah. 

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Tempat sampah yang disediakan terbuat dari bambu dan kayu bekas yang sudah tidak terpakai di daur ulang menjadi tempat sampah. Adapun jumlah tempat sampah yang dihasilkan adalah 5 buah tong sampah dengan dua macam ukuran yaitu, 20x20x50cm dan 20x50x20cm.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

 Tempat sampah yang sudah jadi pun kemudian ditempatkan pada area yang strategis atau umum dikunjungi masyarakat. Program ini diharapkan dapat membantu menjaga kebersihan lingkungan setempat dan menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan