Mohon tunggu...
Auliani Sukma
Auliani Sukma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Memiliki hobi menonton dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Kesehatan dan Kebersihan Sebagai Implementasi Desa Sehat Sejahtera

12 Agustus 2022   21:30 Diperbarui: 12 Agustus 2022   21:31 76 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesehatan dan kebersihan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh masyarkat. Umumnya pada generasi muda, gerakan sosialisasi mengenai kesehatan dan kebersihan gencar dilakukan demi menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan bersih. 

Sosialisasi yang dilakukan pada generasi muda yaitu siswa sekolah dasar, yang dimana kesehatan dan kebersihan diawali dari diri sendiri yaitu dengan memiliki pola hidup yang sehat dan bersih. Siswa sekolah dasar menjadi sasaran utama untuk menerapkan pola hidup sehat karena nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. 

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh mahasiswa KKN UPI Kamda Sumedang yang berlokasi di SDN Pasirhuni 2 yang beralamat di Desa Sukamantri, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. 

Sosialisasi yang dilakukan di SDN Pasirhuni 2 berlangsung selama 7 hari, kegiatan ini mensosialisasikan bagiamana cara pola hidup sehat yaitu dengan mengetahui 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar karena menciptakan lingkungan yang "sehat dan sejahtera" harus diawali dari diri sendiri dan diawali dengan hal-hal kecil yang mungkin tidak terlalu diperhatikan. 

Dengan mensosialisasikan gerakan 7 langkah mencuci tangan yang baik dan benar pada siswa SDN Pasirhuni 2 dapat membantu menciptakan lingkungan yang sehat seperti terhindari dari penyakit seperti diare, flu, sakit mata dan tiphus apalagi pada anak-anak sekolah dasar yang dimana rentan terkena penyakit. 

Dengan gerakan 7 langkah mencuci tangan dapat membantu siswa SDN Pasirhuni 2 menciptakan lingkungan hidup yang sehat karena ditelapak tangan terdapat 39.000 kuman hingga 460.000 kuman dan kuman tersebut dapat berkembang menjadi 2x lipat. 

Selain mensosialisasikan gerakan 7 langkah cuci tangan, mahasiswa KKN UPI Sumedang juga mensosialisasikan kapan kita harus mencuci tangan yaitu sebelum makan, setelah buang air besar dan buang air kecil, setelah bermain, setelah memegang hewan, setelah batuk bersin atau membuang lendir, dan setiap kali tangan terlihat kotor. 

Sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPI Sumedang ini diharapkan dapat memberikan hasil yang poitif terhadap lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan sejahtera karena jika kita ingin hidup sejahtera kita harus sehat terlebih dahulu dan hal tersebut harus diawali dari diri sendiri dan hal-hal yang kecil seperti mencuci tangan yang baik dan benar. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan