Mohon tunggu...
Pendidikan

Perkembangan Komunikasi Internasional di Era Internet

28 Desember 2018   14:12 Diperbarui: 28 Desember 2018   22:46 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Digitalisasi semua bentuk data - teks, audio dan video, kata-kata suara dan gambar - telah meningkat secara eksponensial kecepatan dan volume transmisi data dibandingkan dengan sistem analog. Mula-mula introduksi komunikasi digital terkait erat dengan peletakan serat baru kabel optik untuk telepon dan televisi tetapi bahkan kendala ini telah terjadi dihapus dengan pindah ke transmisi nirkabel melalui satelit. Digitalisasi memiliki dampak besar pada telepon internasional: pada tahun 1997, misalnya, 89 persen saluran telepon di antara negara-negara paling maju di dunia adalah digital. Dalam penggunaan kabel serat optik, AS memimpin dengan cara 19,2 juta mil kabel dikerahkan .

Fajar zaman internet

Asal muasal Internet terletak di Advanced Departemen Pertahanan AS Proyek Penelitian Agency Network (APRANET), dibuat pada tahun 1969 sebagai komunikasi jaringan yang menghubungkan pertahanan teratas dan cabang sipil AS administrasi dalam kasus serangan nuklir Soviet. Pada tahun 1983, APRANET adalah dibagi menjadi bagian militer dan sipil, dengan yang terakhir memunculkan Internet. Ledakan di penggunaan Internet dimulai dengan pembentukan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989, yang dimulai sebagai jaringan server. Pada tahun 2000, itu telah menjadi global sedang, dengan 320 juta pengguna.

Dunia nirkabel baru

Pada tahun 2003, akan ada ribuan satelit yang rendah, orbit sedang dan geostasioner, menyediakan data suara universal, multimedia dan layanan 'Internet di langit' di seluruh planet (Wooldridge, 1999). Untuk bisnis, salah satu perkembangan teknologi paling signifikan telah menjadi kemampuan telepon seluler baru untuk menawarkan akses Internet dan layanan data nirkabel berkecepatan tinggi. Seperti layanan 'nilai tambah' miliki berkontribusi terhadap pertumbuhan eksponensial dari telepon seluler. Sementara yang diperbaiki jaringan telepon membutuhkan lebih dari 130 tahun untuk mencapai satu miliar pelanggan, pada tingkat pertumbuhan saat ini, industri seluler akan mengambil alih dua dekade untuk menjangkau banyak pelanggan.

Dari 'aliran informasi bebas' ke 'aliran bebas perdagangan

Meskipun sebagian besar perdagangan elektronik adalah antara bisnis, itu juga sangat mendalam efek pada pasar ritel - bisnis online merongrong transaksi off-line. Semakin banyak perdagangan global dalam perangkat lunak komputer, produk hiburan,layanan informasi dan layanan keuangan sedang berlangsung menggunakan Internet. Pada tahun 1999, 39 juta orang Amerika berbelanja perangkat lunak on-line dan komputer,tiket pesawat dan buku adalah salah satu produk utama yang dibeli. Itu apa yang disebut 'webonomics' menguntungkan negara-negara kaya di dunia. Hampir 75 persen dari semua e-commerce pada tahun 1999 terjadi di Amerika Serikat, yang juga menyumbang 90 persen situs web komersial (Peet, 2000)

Media on-line

Meskipun akuntansi untuk sebagian kecil dari periklanan global, yang meningkatnya komersialisasi Internet dan meningkatnya penggunaannya di kalangan konsumen cenderung membuatnya menjadi media iklan yang dicari. Sudah,'dot.com advertising' telah menjadi fitur reguler di televisi dan cetak - pada tahun 1999, Salon majalah on-line meluncurkan kampanye TV senilai $ 4 juta (Eisenberg, 1999). Mengingat sifat Internet, iklan on-line bisa digunakan oleh perusahaan untuk mencatat tidak hanya setiap transaksi tetapi juga yang mana iklan yang diklik konsumen dan berapa lama mereka bertahan di atasnya (Peet,2000). Selain membuat pemasaran satu-ke-satu mungkin, jenis informasi ini memiliki implikasi keamanan dan privasi karena dapat disalahgunakan perusahaan atau pemerintah. Dengan mampu memantau dan merekam pola penggunaan Internet, pemerintah dapat mengontrol aktivitas politik warga sementara bisnis dapat memiliki akses ke informasi pribadi - tentang bank akun, rincian asuransi dan kebiasaan belanja konsumen, yang dapat diperdagangkan untuk tujuan pemasaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun