Mohon tunggu...
Ekonomi Pilihan

Komunikasi Internasional, Penghubung Komunikasi antar Negara

27 September 2018   15:29 Diperbarui: 27 September 2018   15:36 0 0 0 Mohon Tunggu...
Komunikasi Internasional, Penghubung Komunikasi antar Negara
https://analisaberitanasionaldaninternasional.wordpress.com/

  

            

Secara sederhananya, komunikasi Internasional biasa kita hubungkan dengan suatu bentuk hubungan komunikasi antara bangsa atau Negara. Perkembangan komunikasi internasional sepanjang abad 20 kurang lebih dipengaruhi oleh sejarah itu sendiri,  seperti  halnya perang dingin  ekonomi politik antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang baik itu secara langsung ataupun tidak langsung telah melibatkan seluruh negara di dunia ini. 

Tebentuknya sistem ekonomi dunia ke arah globalisasi  yang tentu saja mendorong berlangsungnya komunikasi antarnegara untuk mendukung kepentingan ekonomi, serta ditambah lagi dengan perkembangan teknologi komunikasi yang mempercepat perubahan  arus informasi, sehingga dikhawatirkan menjadi suatu masalah ekonomi antara negara maju dan negara berkembang.

Pada awalnya komunikasi internasional hanya dipergunakan untuk saling bertukar informasi antara satu Negara ke Negara lainnya, namun dengan seiringnya berjalannya waktu semakin berkembanglah fungsi dari komunikasi tersebut. 

Komunikasi internasional di manfaatkan untuk menjalin hubungan atau kerja sama antara Negara-negara yang sudah menyepakati sebuah perjanjian, terlebih lagi akan lebih baik jika bisa bekerja sama dengan Negara maju yang telah memiliki fasilitas yang lebih lengkap serta system yang terus mengalami perkembangan. Sehingga yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan internasional.   

Media massa juga digunakan dalam komunikasi internasional, informasi-informasi banyak  yang datangnya dari Negara yang maju bahkan tidak jarang media dijadikan suatu alat propaganda dalam mengubah atau membuat suatu kebijakan didalam suatu Negara. 

Pada dasarnya Negara maju memanfaatkan media masa untuk menyebarkan suatu gagasan milik Negara maju tersebut untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan masyarakat di Negara lainnya, dengan harapan agar mendapatkan dukungan atau juga mengubah sudut pandang mereka terhadap negaranya.

Pers sendiri seperti halnya media diketahui ada dalam pengertian pers terbatas dan pers luas. Pers terbatas sendiri meliputi Bulletin berita surat kabar dan majalah. Sedang pers dalam arti luas meliputi bentuk barang cetakan yang ditujukan kepada orang banyak atau kepada massa. Untuk komunikasi internasional itu sendiri maka kedua-duanya digunakan dalam komunikasi di Negara-negara.

Media elektronik seperti radio dan televisi sekarang ini merupakan media paling efektif dalam menyebarkan informasi. Bahkan untuk kondisi langsung sekalipun.

Artinya kejadian di belahan dunia yang lain juga akan bisa tersebar ke Negara-negara lainnya dengan adanya media tersebut hal itu dapat dengan sangat mudah menyebar. Sehingga dalam menjangkau komunikannya sangat bisa dirasakan dengan sangat mudah, termasuk pengaruh dan daya efektifitasnya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x