Mohon tunggu...
Auliafi Brilian
Auliafi Brilian Mohon Tunggu... Pelajar

Sedang berproses

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Budidaya Lele Minimalis dan Pendampingan UMKM di Desa Karangkobar

14 Agustus 2020   14:53 Diperbarui: 14 Agustus 2020   16:12 13 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Sosialisasikan Budidaya Lele Minimalis dan Pendampingan UMKM di Desa Karangkobar
Sosialisasi Budidaya Lele dan Akuaponik (dokpri)

Pendampingan UMKM (dokpri)
Pendampingan UMKM (dokpri)

BANJARNEGARA (14/8) - KKN Undip Tim II Tahun 2019/2020 kali ini mengalami sedikit perbedaan karena mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN secara individu di daerah tempat tinggal masing-masing dengan artian mahasiswa harus bali desa mbangun desa. Penulis melakukan kegiatan pengabdian di tanah kelahiran yaitu Desa Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara.

Ditengah pandemi Covid-19 masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah agar mengurangi angka penularan sehingga dibutuhkan terobosan baru agar masyarakat tetap berada di rumah namun kebutuhan tetap dapat dipenuhi.

una menopang ketahanan pangan keluarga penulis sosialisikan dan demonstrasikan secara langsung kepada masyarakat RT 03/ RW 02 Desa Karangkobar mengenai budidaya lele secara minimalis yang dipadukan dengan akuaponik.

Budidaya lele ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan perawatannya sangat sederhana. Dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan ikan lele dan sayuran sudah bisa dipanen sehingga dapat membantu ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi Covid-19 karena masyarakat tidak perlu repot-repot membeli ikan di pasar dan bisa mendapatkan ikan serta sayuran yang lebih segar.

Disamping itu penulis juga melakukan pendampingan UMKM dalam pembuatan minuman sehat berbahan alami. Jenis minuman yang diproduksi berupa jahe wangi serta sari kedelai dan beras merah. Produksi minuman sehat ini sudah berlangsung sejak tahun 90an namun pemasarannya sekedar dari mulut-ke mulut. Dengan demikian salah satu tujuan kegiatan pendampingan UMKM tersebut adalah untuk mempromosikan produk melalui media sosial salah satunya melalui instagram dengan nama @makmoon__.

Disamping itu, pada masa pandemi saat ini minuman sehat berbahan alami sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dikarenakan bahan-bahan yang digunakan memiliki khasiat yang bermacam-macam sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Harapannya produk minuman ini (@makmoon__) bisa dijangkau oleh masyarakat luas sehingga mengalami peningkatan produksi.

Penulis: Auliafi Brilian Agustiana
Editor: Dr. Amirudin, MA

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x