Mohon tunggu...
Aulia Dwi Yuliana
Aulia Dwi Yuliana Mohon Tunggu... Public health student

Public health in UIN Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kegiatan Intervensi Pelatihan Kader RW 10 Kelurahan Rengas dalam Pembuatan Disinfektan

26 Februari 2021   23:26 Diperbarui: 27 Februari 2021   09:37 78 0 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan intervensi pelatihan kader ini dilakukan oleh Kelompok 13 PBL( Pengalaman Belajar Lapangan) Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini diberi nama dengan sebutan "AYO MEDITASI (Membuat Disinfektan Sendiri)"yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader RW 10 dalam membuat disinfektan. Sasaran dalam kegiatan ini yaitu para kader dan satgas COVID-19 RW 10 Kelurahan Rengas. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui gmeet. Sedangkan untuk bahan-bahan dalam membuat disinfektan sudah disediakan sehari sebelum kegiatan pelatihan oleh Kelompok 13 PBL Kelurahan Rengas dan diberikan kepada perwakilan pihak kader RW 10 Kelurahan Rengas. Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam kegiatan membuat disinfektan ini yaitu air, wipol, jerigen dan alat penyemprot disinfektan.

Kemudian materi yang diberikan dalam pertemuan di gmeet tersebut berupa video dalam membuat disinfektan dan materi mengenai disinfektan yang dipersentasikan oleh narasumber. Video yang ditampilkan merupakan video yang berisi langkah-langkah dalam membuat disinfektan yang dilakukan oleh perwakilan dari kelompok 13 PBL Kelurahan Rengas.Setelah itu, para kader yang melihatnya dalam gmeet tersebut akan langsung mempraktekannya dirumah masing-masing. Lalu jika para kader sudah selesai dalam membuat disinfektan, maka disinfektan tersebut akan dimasukan kedalam jerigen dan diberikan kepada satgas RW 10 untuk dilakukan penyemprotan diwilayah RW 10 Kelurahan Rengas. Penyemprotan disinfektan dapat berjalan dengan baik karena adanya dukungan dari pihak RW dan RT serta satgas COVID-19 yang mau bekerja sama.

Sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan AYO MEDITASI (Membuat Disinfektan Sendiri), para kader RW 10 Kelurahan Rengas diwajibkan untuk mengisi pre dan post tes sebagai bahan evaluasi dalam kegiatan intervensi PBL 2. Kegiatan pelatihan kader dalam membuat disinfektan secara mandiri ini diharapkan dapat bermanfaat dan dapat dilakukan secara berkelanjutan di wilayah Kelurahan Rengas sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 di Kelurahan Rengas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x