Mohon tunggu...
Aulia Dhiya Ulhaq
Aulia Dhiya Ulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selalu menyediakan waktu untuk menonton berbagai film dan membaca novel.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemasaran Produk di E-Commerce Zonk? Mahasiswa Undip Membagikan Tips dan Trik Ampuh kepada Pelaku UMKM

9 Agustus 2022   11:38 Diperbarui: 9 Agustus 2022   11:47 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemberian Pamflet (Dok. pribadi)

SLEMAN (5/8) -- E-Commerce merupakan salah satu platform yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dalam kegiatan jual beli. Sejumlah manfaat seperti jangkauan yang lebih luas dan menghemat sejumlah biaya yang dikeluarkan seperti penyewaan toko fisik, listrik, dan lainnya. Terutama saat ini, konsumen banyak yang lebih memilih membeli melalui e-commerce dibandingkan toko fisik untuk menghemat waktu yang dikeluarkan. 

Namun, tingkat persaingan para pelaku usaha di e-commerce yang tinggi memerlukan beberapa strategi dalam menampilkan dan memasang produk yang dapat menarik mata calon konsumen. 

Sebagai lanjutan dari sosialisasi mengenai pemasaran, maka dilakukan pula upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai tips dan trik melakukan pemasaran produk pada e-commerce kepada masyarakat dan ibu-ibu PKK terutama pelaku usaha di Kelurahan Harjobinangun, Kecamatan Pakem.

Sosialisasi dengan judul Penerapan Strategi Marketing di E-Commerce pada Produk UMKM memberikan informasi-informasi yang sederhana untuk diterapkan, seperti memasang foto produk yang benar, informasi produk yang harus dicantumkan, judul produk yang dipasang, menampilkan testimoni, menyediakan berbagai metode pembayaran dan lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai produk UMKM sehingga dapat bersaing dengan produk kompetitor dan meningkatkan minat beli konsumen.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pedukuhan Jurangjero pada hari Jumat 5 Agustus 2022. Berdasarkan hasil diskusi dengan masyarakat dan perangkat desa ditemukan bahwa terdapat sejumlah pelaku UMKM yang mengalami kesulitan dalam pemasaran dan penjualan produk terutama selama pandemi hingga pasca pandemi ini, serta terdapat sejumlah pelaku usaha yang belum memanfaatkan e-commerce dengan baik dalam meraih konsumen. 

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Penerapan Strategi Marketing di E-Commerce pada Produk UMKM oleh Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan mengenai strategi pemasaran produk pada UMKM sehingga usaha dapat berjalan dengan baik.

Konsultasi Pelaku Usaha (Dok. Pribadi)
Konsultasi Pelaku Usaha (Dok. Pribadi)

Pemberian pamflet yang berisikan manfaat strategi-strategi tersebut, sejumlah tips, dan contoh-contoh penerapan serta layanan konsultasi usaha juga disediakan untuk seluruh peserta sosialisasi sehingga para pelaku usaha dapat menerapkan strategi tersebut dengan tepat dan baik. Kegiatan berjalan dengan lancar yang disambut secara antusias dari pelaku usaha dan ibu-ibu PKK di Pedukuhan Jurangjero

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan