Mohon tunggu...
Aulia Asdiana
Aulia Asdiana Mohon Tunggu... Editor - PGMI UIN Walisongo Semarang

Tidak ada yang tidak mungkin

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Era Digital terhadap Pendidikan Indonesia

18 Oktober 2021   07:33 Diperbarui: 18 Oktober 2021   07:36 208 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengaruh era digital terhadap pendidikan Indonesia

Di era modern ini, perkembangan teknologi berkembang dengan cepat. Kehidupan anak-anak sekarang dengan anak-anak jaman dahulu sangat berbeda, anak-anak jaman sekarang sangat melek teknologi, dan perkembangan teknologi saat ini tidak bisa dihindari dan merambah sampai ke pendidikan.

Di era digitalisasi saat ini memang tidak bisa dihindari karena mengontrol tidaklah mudah. Perkembangan teknologi pada dunia pendidikan banyak menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang proses pembelajaran. Salah satunya pada inovasi media pembelajaran, berkat adanya perkembangan teknologi semakin pesat. 

Digitalisasi pada pendidikan juga bermanfaat dalam perilaku hidup manusia termasuk pendidik maupun peserta didik yang dimudahkan untuk mencari informasi dan pengembangan dalam membuat media pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan teknologi digital sangat menarik dan menambahkan semangat siswa dalam mempelajari materi, karena materi dikemas tidak sekedar dengan tulisan yang membuat siswa bosan, tetapi menggunakan gambar, audio, video, animasi sehingga dapat berpengaruh pada motivasi siswa dalam belajar.

Dalam perkembangan digitalisasi saat ini dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, baik dari segi positif maupun negatif dari segi kegunaannya. Dikarenakan dalam mengakses informasi dengan mudah atau terjangkau bagi semua kalangan baik anak-anak maupun orang tua, orang kaya maupun kalangan menengah ke bawah. Anak-anak muda sekarang dapat dikatakan sebagai generasi multitasking dan melek teknologi. Tetapi juga terdapat efek negatif di dunia pendidikan, seperti di bawah ini:

Membuat siswa tidak fokus

Banyaknya informasi yang dapat diakses dengan mudah sehingga terkadang siswa tidak fokus lagi dalam belajar karena anak-anak zaman sekarang senang sekali dengan dunia maya atau media sosial yang dimiliki. Sehingga waktu belajar lebih banyak terkuras untuk mengecek media sosial daripada waktu belajar.

Siswa lebih suka game online

Banyaknya game online seperti mobile legend, FF, dan lain-lainya mempengaruhi siswa dalam belajar. Apalagi siswa yang kecanduan dan menjadikan game menjadikan hobi, waktu belajar akan teganggu. Siswa lebih suka bermain game daripada mengikuti pembelajaran di kelas.

Menurunkan kemauan siswa belajar

Karena banyaknya informasi yang mudah diakses sehingga siswa malas belajar, siswa lebih suka mencari jawaban soal di internet daripada mencari di buku. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan