Nama: Aulia Alfiah Cesar
NIM: 201010550086
Kelas: 03SMJE001
Pandemi Covid-19 memukul hampir semua sendi kehidupan. Di berbagai belahan dunia hampir semua sektor ekonomi terpukul. Tak terkecuali di Indonesia, tidak sedikit sektor yang sangat terpukul lantaran tidak adanya omzet. Khususnya para pelaku usaha bisnis, banyak yang mengalami penurunan omzet yang mengharuskan mereka untuk gulung tikar.
Selama pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga sekarang, penting bagi para pebisnis untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat membantu dalam mempertahankan bisnis yang sedang berjalan.
Menjalankan bisnis di tengah pandemi Covid-19 memiliki tantangan tersendiri. Semua pelaku usaha harus berputar otak untuk menyambung nafas bisnisnya. Terlebih adanya kebijakan pembatasan sosial yang diberlakukan di beberapa wilayah, yang menjadi pukulan telak bagi pelaku usaha. Pasalnya, pandemi corona mengharuskan semua orang untuk membatasi aktivitas di luar rumah.
Selain itu, banyak sektor usaha yang dipaksa tutup selama masa pandemi ini. Perusahaan dihadapkan pada pengurangan kapasitas karyawan yang diperbolehkan masuk kantor hanya 25%. Tidak ada jalan lagi bagi pelaku usaha selain bertahan di masa sulit ini.
Salah satu strategi bisnis untuk bertahan di tengah pandemi adalah secara cepat dan tanggap melakukan inovasi sesuai kebutuhan perusahaan. Inovasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memunculkan produk baru, meningkatkan layanan produk dengan fitur yang lebih canggih, go digital , jika sebelumnya konvensional, atau bahkan banting setir ke ranah bisnis yang mungkin awalnya dianggap kontradiktif, namun dapat dilakukan untuk mengatasi gejolak yang finansial di dalam perusahaan.Â
Dalam masa pandemi, khususnya saat PSBB berlangsung beberapa industri bahkan harus berputar secara hati-hati agar tidak macet di kemudian hari. Beberapa ide marketing saat corona untuk beberapa industri ini dapat menjadi inspirasi bagi Anda.
Selain itu juga ada beberapa yang perlu di perhatikan dan bisa di lakukan oleh para pelaku bisnis agara bisa bertahan di masa pandemi covid-19:
Pertama, pelaku bisnis harus mengetahui dan menguasai nilai keunikan produk yang telah di keluarkan