Mohon tunggu...
Aulia KusumaFebriyani
Aulia KusumaFebriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Manajemen Unibersitas Diponegoro

KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Seru! Siswa Sekolah Dasar Antusias Menabung Lewat Botol Bekas yang Disulap Menjadi Celengan Cantik dan Unik

1 Agustus 2022   21:40 Diperbarui: 4 Agustus 2022   08:55 163 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEMARANG (21/07) -- Mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Program Kuliah kerja Nyata (KKN) Tim II melaksanakan program kerja mono disiplin mengenai manajemen keuangan lewat gerakan gemar menabung sejak dini kepada siswa kelas 5A SD Negeri Meteseh, Tembalang. Program ini dilaksanakan dengan mengadakan lomba menghias botol bekas menjadi celengan unik dengan design sesuai yang mereka inginkan. Harapannya, celengan yang mereka buat dapat menambah rasa semangat menabung dan sebagai salah satu tahap belajar hidup hemat pada siswa-siswi SD Negeri Meteseh, khususnya siswa-siswi kelas 5A. Selain itu, lomba menghias celengan dari botol bekas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran siswa SD Negeri Meteseh mengenai pentingnya mengurangi limbah plastik di bumi.

Pembelajaran mengenai manajemen keuangan tidak hanya diterapkan oleh orang dewasa, anak-anak juga perlu mengenal pentingnya manajemen keuangan secara sederhana untuk hidup yang lebih sejahtera di masa depan. Seperti halnya dengan siswa kelas 5A SD Negeri Meteseh, beberapa siswa belum belajar menabung padahal beberapa dari mereka sudah mengetahui manfaat dari menabung itu sendiri. Untuk itu, diperlukan sebuah dorongan untuk meningkatkan semangat mereka agar gemar menabung, salah satunya lewat pembuatan celengan dengan desain sesuai keinginan mereka. "Menabung dapat membuat kita hemat, bersabar, dan disiplin" ujar Rafly (salah satu murid di kelas 5A SD Negeri Meteseh).

dokpri
dokpri

Siswa di kelas 5A SD Negeri Meteseh sangat bersemangat mengikuti lomba menghias celengan ini karena mereka dapat menyalurkan kreatifitas mereka melalui desain botol bekas tersebut agar botol bekas tersebut dapat menjadi celengan yang cantik. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan ini diantaranya botol bekas, kertas origami, lem, gunting, spidol, dan bolpoin yang disediakan oleh mahasiswa. Para siswa semakin antusias mengikuti lomba karena ada hadiah untuk 3 orang pemenang.

Setelah kurang lebih 45 menit perlombaan, akhirnya para siswa kelas 5A SD Negeri Meteseh tersebut telah menyelesaikan lomba menghias celengan ini. Para siswa dibagi menjadi 9 kelompok sehingga terdapat 9 celengan dengan desain yang berbeda-beda dan unik. Celengan tersebut ada yang berkarakter hewan seperti sapi, roket, bahkan tanaman bunga. Akhirnya, dipilihlah satu kelompok sebagai pemenang yakni kelompok 5 dengan desain celengan berkarakter babi dengan warna ungu.

dokpri
dokpri

 

dokpri
dokpri

Nama : Aulia Kusuma Febriyani (S1 Manajemen - Fakultas Ekonomika dan Bisnis - Universitas Diponegoro)

DPL : Ibu Dinalestari Purbawati SE., M.Si., Akt.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan