Mohon tunggu...
Aufaa RyantThufailah
Aufaa RyantThufailah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Praktik Kebersihan Diri di TK Mardi Putra 2 oleh PMM Kelompok 82 Gelombang 9

29 September 2022   15:08 Diperbarui: 29 September 2022   15:11 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau biasa dikenal dengan sebutan PMM adalah salah satu program Universitas Muhammadiyah Malang dengan tujuan untuk memberikan suatu manfaat secara positif kepada masyarakat sesuai dengan peraturan UMM dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. 

PMM memiliki dua bentuk kegiatan yaitu proyek dan edukasi, kegiatan proyek dapat melakukan kreativitas, inovasi ataupun inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat secara individu ataupun kelompok, seperti contoh pembuatan produk pangan, teknologi peningkatan kesehatan atau lingkungan. 

Sedangkan edukasi merupakan kegiatan memberikan ataupun meningkatkan pemahaman, keterampilan dan kompetensi masyarakat yang dilakukan secara individu maupun kelompok.

Kebersihan diri merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap manusia. Jika hal ini kurang diperhatikan, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit masuk kedalam tubuh manusia, selain diri sendiri orang di sekitar pun memiliki resiko akan tertular penyakit. 

Hal ini karena manusia merupakan makhluk sosial sehingga setiap harinya akan berinteraksi dengan sesama dan bakteri/virus berbahaya penyebab kurangnya menjaga kebersihan diri ini mudah sekali berpindah dari satu orang ke orang lain.

Menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan diri sejak dini dimana pada masa ini merupakan "golden age period" atau masa emas untuk seluruh aspek perkembangan manusia baik secara fisik, kognisi emosi maupun sosial serta perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan hingga mencapai 50%. 

Usia dini merupakan saat ideal untuk melatih kemampuan motoric seorang anak termasuk kegiatan menggosok gigi hal ini akan menimbulkan rasa tanggung jawab akan kebersihan pada dirinya. 

Maka dibentuklah gerakan edukasi menyikat gigi sejak dini di TK Mardi Putra 2 sebagai salah satu program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Kelompok 82 Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2022 di Desa.Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu. 

Program ini dilaksanakan selama satu hari di halaman TK Mardi Putra 2 dengan diikuti oleh 30 murid. Kegiatan ini dimulai dari pembagian satu set perlengkapan sikat gigi. Setelah pembagain alat kebersihan, siswa-siswi langsung melaksanakan kegiatan sikat gigi bersama dengan di bimbing oleh mahasiswa kelompok 82 supaya melakukan kegiatan menyikat gigi secara baik dan benar.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan