Mohon tunggu...
Audwin Kuntoro
Audwin Kuntoro Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Tugas Sekolah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Globalisasi dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

29 November 2022   02:05 Diperbarui: 29 November 2022   02:08 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan, pemikiran, dan lain-lain. Globalisasi memiliki kata "global", global memiliki arti secara umum dan keseluruhan. Ini berarti globalisasi terhubung dengan semua orang

Dampak globalisasi terhadap bidang pendidikan di Indonesia sangat besar. Banyak negara sekarang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi karena globalisasi, tetapi masih ada masalah yang harus diselesaikan agar globalisasi dapat membantu semua orang.

Dapat terlihat dampak-dampak positif yang terjadi karena adanya globalisasi. Globalisasi adalah suatu hal yang dapat terjadi karena kemampuan orang-orang untuk saling bertukar informasi dengan cepat. 

Penemuan internet membuat ini semua bisa, karena internet menyediakan semua orang dengan alat yang biarkan mereka bisa saling bertukar informasi dengan kecepatan yang tak terhingga pada waktu sebelumnya. 

Dengan ini, globalisasi dapat terjadi yang telah berdampak positif bagi orang-orang di seluruh dunia. Walaupun, ada banyak hal-hal positif yang terjadi karena globalisasi, masih ada beberapa masalah yang harus ditangani agar semua orang dapat menikmati dampak globalisasi.

Metode pembelajaran baru seperti e-learning dan blended learning adalah akibat dari globalisasi. Dengan globalisasi cara pembelajaran baru ini dapat dibagikan ke seluruh dunia dengan waktu yang sangat singkat. Ini adalah suatu hal yang sangat penting karena tanpa e-learning dan blended learning, banyak murid tidak akan bisa belajar saat pandemi Covid-19. 

Karena adanya globalisasi, hal-hal seperti e-learning, blended learning, dan berbagai hal lain yang membantu murid-murid belajar saat karantina dapat terbagi kepada seluruh dunia. Sekarang, sekolah sudah mulai menggunakan e-learning dan blended learning saat belajar di sekolah untuk meningkatkan efektivitas belajar. Ini adalah salah satu dampak positif yang dapat terlihat dari globalisasi.

Globalisasi juga telah membantu banyak murid-murid mendapat tingkat edukasi yang lebih tinggi saat belajar di universitas. Universitas dari negara-negara maju dibangun di berbagai negara-negara berkembang. Ini memberikan murid-murid yang berada di negara berkembang kesempatan untuk mendapatkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. 

Dengan globalisasi, negara-negara mulai meningkatkan kualitas Pendidikan dan praktik pengajaran mereka. Globalisasi juga telah membantu orang-orang menyadarkan kepentingan pendidikan, sehingga orang-orang sekarang memiliki pendidikan yang lebih tinggi.

Suatu hal yang masih harus diperbaiki adalah cara untuk memberikan semua orang kesempatan untuk dapat tingkat pendidikan yang tinggi. Dalam situasi sekarang, banyak orang tidak dapat kesempatan untuk mendapat tingkat pendidikan yang baik. 

Globalisasi telah membantu banyak orang yang tinggal di kota-kota, tetapi masih ada banyak orang yang tinggal di perdesaan yang masih belum dapat kesempatan untuk dapat tingkat pendidikan yang bagus. Ini adalah suatu hal yang harus diperhatikan karena masih ada banyak orang yang tidak dapat kesempatan untuk mendapatkan tingkat pendidikan tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun