Mohon tunggu...
audio mobil
audio mobil Mohon Tunggu... cello audio
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

cello audio adalah tempat penjualan audio mobil yang berkualitas dan terpercaya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Subwoofer Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda

25 Juni 2021   10:42 Diperbarui: 25 Juni 2021   14:05 79 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Subwoofer Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda
Subwoofer Terbaik

Subwoofer terbaik untuk mobil diperlukan untuk Anda yang ingin mengganti perangkat audio pada kendaraan. Penyuka mobil rakitan pastilah membutuhkan subwoofer dengan kualitas yang tidak kaleng-kaleng. Subwoofer adalah aksesori mobil yang sering dicari oleh pecinta mobil rakitan. Fungsinya sama dengan speaker mobil pada umumnya.

Speaker atau audio mobil bawaan seringkali tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Suara yang standar dan audio yang sering terganggu karena cuaca atau kondisi jalanan membuat pengguna memutuskan untuk mengganti perangkat audio, termasuk subwoofer pada mobil.

Memilih Subwoofer Mobil Terbaik 

Ada banyak merek atau jenis subwoofer yang bisa jadi pilihan. Sebelum membeli ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa jenis subwoofer yang baik dan sesuai untuk kendaraan. Jangan sampai barang yang sudah terbeli menjadi sia-sia karena tidak sesuai.

Subwoofer adalah sistem bass pada sepaker sehingga menghasilkan suara dengan frekuensi lebih rendah. Suara yang dihasilkan pun akan lebih enak didengar dari dalam mobil, sekalpun mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Ada dua klasifikasi subwoofer, yaitu subwofeer aktif dan subwoofer pasif. Keduanya punya fungsi yang sama yaitu menghasilkan suara bass atau suara rendah. Lalu di mana perbedaan keduanya? Bedanya ada di masing-masing komponen. 

  • Subwoofer Aktif Mobil
  • Subwoofer aktif biasanya dilengkapi dengan box dan amplifier. Bentuknya pun bisa beragam ada yang berbentuk tabung tipis dan ada juga yang berbentuk kotak. Ketika memilih subwoofer, Anda harus bisa memperkiraan ukurannya dan besaran kabin kendaraan. Subwoofer dengan ukuran yang lebih besar memang akan menghasilkan suara yang bagus akan tetapi tidak efisien dari sisi penyimpanan.
  • Untuk mendapatkan suara yang maksimal Anda harus tahu betul penempatannya tepat dan simetris atau presisi. Letak subwoofer yang tersembunyi akan menyebabkan suara yang dihasilkan kurang optimal.
  • Subwoofer Pasif
  • Ada juga subwoofer pasif yaitu sistem aduio dengan sistem amplifier terpisah. Biasanya tanpa dilengkapi box dan amplifier, jadi hanya produk subwoofernya saja. Jika Anda memilih subwoofer jenis ini, artinya harus menyesuaikan amplifier yang dipakai agar bisa terkontrol dengan baik. Perlu diketahui, spesifikasinya harus sama atau sejajar, jika ingin mengasikan suara yang maksimal.

Cara untuk Memilih Subwoofer Terbaik

Nah, berikut adalah cara memilih subwoofer terbaik yang bisa dicoba untuk para pecinta mobil rakitan, agar mendapatkan kualitas yang terbaik.

  • Sesuaikan dengan Selera Musik
  • Apa selera musik Anda? Pemilihan jenis subwoofer ini berpengaruh lho pada kualitas suara yang dihasilkan. Untuk pecinta musik dengan aliran pop bisa memilih jenis subwoofer single voice, cocok untuk Anda yang tidak menyukai musik dengan dentuman yang keras.
  • Perhatikan Spesifikasinya
  • Sebelum membeli pastikan dulu spesifikasinya. Misalnya ukuran dan juga besaran daya yang diperlukan. Jangan hanya tergiur oleh suara yang dihasilkan saja. Sensivitas, jumlah kumparan suara frekuensi seringkali diabaikan ketika memilih subwoofer padahal ini penting untuk diperhatikan.
  • Tidak Memerlukan Banyak Ruang
  • Pilih subwoofer yang tidak memerlukan banyak tempat di mobil. Dalam hal ini tentu Anda memerlukan subwoofer aktif, karena sudah terdapat amplifier dalam satu box. Selain itu interior mobil juga tidak terlalu penuh karena terletak dalam satu box. Selain itu juga pemasangan atau instalasinya relatif lebih mudah. Jika rangkaian terpisah akan lebih rumit dan juga memerlukan banyak ruang.

Paket A :

- Speaker : Micro Tweeter (UNIVERSAL Mounting)
- Subwoofer : 6.5 Subwoofer
- Amplifier : 1ch Amplifier
- OEM BOX Subwoofer

Paket B :

- Speaker : Micro Fullrange
- Subwoofer : 6.5 Subwoofer
- Amplifier : DSP with 5ch Amplifier
- OEM BOX Subwoofer
- OEM Mounting Full Range

VIDEO PILIHAN