Mohon tunggu...
ATMA JAYA MOVEMENT UAJY
ATMA JAYA MOVEMENT UAJY Mohon Tunggu... Media Informasi Kegiatan Komunitas AJM UAJY

Dikelola Oleh Divisi Multimedia AJM UAJY

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Forum Komunikasi Mahasiswa UAJY Galang Bantuan Donasi untuk Riau, Kalimantan, Wamena, Ambon

4 November 2019   14:48 Diperbarui: 4 November 2019   14:51 57 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Forum Komunikasi Mahasiswa UAJY Galang Bantuan Donasi untuk Riau, Kalimantan, Wamena, Ambon
Dok. pribadi

Kembali mahasiswa UAJY melakukan galang bantuan donasi untuk beberapa kota di Indonesia yang mengalami bencana alam dan sosial. Mahasiswa/i yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa UAJY yang terdiri atas aliansi komunitas dan lembaga UAJY kali ini melakukan galang bantuan bertahan di empat tempat titik bencana yaitu bencana yang terjadi karena  kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Riau, bencana gempa di Ambon, Maluku dan Bencana sosial di Wamena, Papua.

Forum Komunikasi Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggalang bantuan   dengan menyediakan kotak solidaritas disetiap kampus UAJY dan melakukan open donasi berupa dana. Aksi ini dilakukan pada bulan September dan Oktober 2019 yang didukung oleh pihak kampus UAJY berupa izin mengelar kegiatan tersebut.  Dalam melaksanakan pengalangan bantuan, Forum Komunikasi Mahasiswa UAJY  Menggunakan Tagline "Kalimantan Riau butuh Udara Segar" dalam donasi ke Riau dan Kalimantan , Tagline "Waktunya Indonesia Timur" dalam donasi ke Wamena dan Ambon. Tagline bertujuan dalam sebagai indentitas dan semangat untuk pengalangan bantuan ini.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Selain melakukan pengalangan bantuan dalam kampus, Adapun kegiatan penggalangan dana diluar kampus dimana dengan semangat mahasiswa melakukan aksi turun jalan di Titik Nol KM Yogyakarta. Mahasiswa membawa kotak solidaritas kepada masyarakat dengan memaparkan tujuan donasi secara jelas. Aksi turun jalan dilakukan sekitar 20-30 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai komunitas dan lembaga di UAJY.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dari kegiatan pengalangan dana, akhirnya para mahasiswa berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 7.425.700,- untuk Riau-Kalimantan yang merupakan pengalangan dana tahap pertama.  Mahasiswa berhasil juga mengumpulkan dana sebesar Rp. 5.000.000,- untuk Wamena-Ambon yang menrupakan pengalangan dana tahap kedua. Bantuan dana tersebut disalurkan langsung melalui Indonesia Future Leader (IFL) Chapter Yogyakarta (untuk Riau), Keuskupan Palangkaraya (untuk Kalimantan), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Ambon (untuk Ambon), dan Komunitas Mahasiswa  Papua UAJY (untuk Wamena).

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Adapun Komunitas dan Lembaga yang bersatu dalam Aksi Galang Bantuan seperti berikut :

1. AJM UAJY
2. LBM UAJY
3. PMP FH UAJY
4. SEMA FBE UAJY
5. KOMAPA UAJY
6. Komutasi FH UAJY
7. Senat Mahasiswa FTI UAJY
8. HMTI UAJY
9. HIMSI UAJY
10. Himaforka UAJY
11. KMK FH UAJY
12. BPM FBE UAJY
13. HMS UAJY
14. UKM Sepakbola UAJY
15. IGA Malapari UAJY
16. Formasi UAJY
17. BEM FISIP UAJY
18. HMPS SOS UAJY
19. HIMA TRIAKA
20. Garuda Katolik UAJY
21. KMT UAJY
22. Komantta UAJY
23. PSSB UAJY

VIDEO PILIHAN