Mohon tunggu...
Athoillah
Athoillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo saya Athoillah

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan

5 November 2023   07:35 Diperbarui: 5 November 2023   07:51 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://intisari.grid.id/read/031823092/usir-mata-panda-dengan-vitamin-k-berikut-cara-yang-bisa-dicoba-serta-jenis-makanan-kaya-vitamin-k?page=all

Kok bisa kita kurang tidur ?

Padahal badan begitu lelah, tetapi kamu tetap saja terjaga. Sejatinya, setiap orang memiliki jam tidurnya masing-masing. Kalau kamu punya kecenderungan merasa mengantuk dan lelah di siang hari dan terjaga di malam hari, besar kemungkinan kamu mengalami insomnia.

Masalah emosional, seperti stres, kecemasan, dan depresi menyebabkan setengah dari semua kasus insomnia. Namun, kebiasaan siang hari, rutinitas tidur, dan kesehatan fisik mungkin juga berperan. Kadang-kadang, insomnia hanya berlangsung beberapa hari dan hilang dengan sendirinya, terutama ketika insomnia terkait dengan penyebab sementara yang jelas, seperti stres pada pekerjaan, perpisahan yang menyakitkan, atau jet lag.

Memiliki kesulitan tidur juga dapat membuat kecemasan, stres, dan gejala depresi bertambah buruk. Penyebab emosional dan psikologis umum lainnya termasuk kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar, dan trauma. Mengobati masalah-masalah mendasar ini sangat penting supaya kamu tidak lagi mengalami insomnia. (Fadli, 2023)

Memangnya dampak dan manfaat kurang tidur itu apa ?

Begadang juga dapat mengakibatkan Anda kesulitan konsentrasi, pola tidur yang cukup sangat berperan penting dalam proses berpikir dan belajar, oleh karena itu Anda harus lebih baik dalam mengatur waktu agar daya ingat dan konsentrasi lebih mudah. Dan begadang dapat mengakibatkan meningkatnya risiko kematian, ketika badan merasa lelah tetapi Anda memaksakan untuk beraktivitas itu sangat membahayakan kesehatan. Bahaya begadang atau kurang tidur sangat berisiko meningkatnya kematian. Tidur kurang dari 5 jam sangat berpengaruh sekali pada kesehatan. Peningkatan risiko ini berlaku, terutama kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. Anda harus memanfaatkan waktu tidur dengan baik dan sesuai dengan kualitas tidur yang baik. Manfaat dari tidur yang cukup yaitu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan suasana hati, jika Anda tidur dengan cukup maka ketika beraktivitas Anda merasa suasana hati yang baik. Lalu tidur cukup juga sangat berpengaruh agar Anda terhindar dari kecelakaan, mempertajam ingatan, dan memperpanjang usia. (Zahrani, 2020)

Solusi kurang tidur ?

Biasanya, kurang tidur terjadi karena stres. Kalau ini terdengar familiar dengan kondisimu, cobalah untuk mengatasi stres dengan cara yang lebih baik. Meditasi adalah salah satu ide baik untuk mengatasi stres. Olahraga dan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuatmu nyaman juga bisa membantumu dalam menghadapi stres. Mainkan juga alat musik yang kamu bisa untuk menjadi lebih tenang. Selain itu, kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi untuk mencerahkan pikiranmu. (Halodoc, 2018)

Refrensi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun