Mohon tunggu...
Grow Up with Ata
Grow Up with Ata Mohon Tunggu... Freelancer - -

-

Selanjutnya

Tutup

Book

Insight Menarik dari Buku Tuesday with Morrie

26 Juli 2023   20:58 Diperbarui: 26 Juli 2023   20:59 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

OKE karena gabut gue udah parah banget seminggu ini, gue memutuskan buat bacot aja soal buku yang abis gue baca. Sebenernya gue udah baca buku ini mulai pertengahan tahun 2022, TAPI baru selesai januari 2023 ini :D

Buku ini bercerita dari sudut pandang orang pertama yaitu Mitch. Mitch punya seorang dosen di universitasnya dulu yang namanya Morrie. Nah bagi satu sama lain, mereka ngerasa hubungan mereka antara dosen dan mahasiswa ini spesial gitu... JUJUR INI gue tulis berdasarkan ingetan gue aja yah HAHHAHAH...

Nah singkat cerita, beberapa tahun kemudian mereka ketemu lagi, dalam keadaan Morrie lagi sakit yang cukup parah. Jadi mereka mengadakan pertemuan di rumah Morrie setiap hari selasa. Tiap selasa itu mereka membahas satu topik gitu, dan pada akhirnya obrolan mereka ditulis Mitch dan jadilah buku ini.

Sebenernya buanyak banget yang dibahas, tapi gue bakalan nulis di sini yang menurut gue oke banget aja ya..

Di buku ini diceritain bahwa Morrie ngerasa bahwa badannya udah ga seperti dulu lagi, jelas karena penyakitnya. Morrie sedih tapi dia tuh ga berlarut-larut sama sedihnya. Setiap pagi dia cuma bersedih secukupnya, nangis kalo dia emang ngerasa lagi butuh nangis. Tapi, dia selalu balik lagi buat fokus kepada hal-hal baik yang emang masih ada di hidup dia gitu. Jadi dia selalu berusaha sadar sama apa yang dia punya saat ini untuk dia syukuri setiap harinya..

Dia bilang bahwa ketika kita belajar cara untuk mati, kita itu sebenernya belajar untuk hidup. Jadi kita tuh ga boleh ngerasa attach sama sesuatu, karena nyatanya gaada yang permanen di dunia ini, termasuk diri kita sendiri. Kadang kita tuh suka ngerasa sibuk sendiri ngerasain takut mati, takut ditinggalin atau ketinggalan sesuatu... Padahal, harusnya kita berusaha menyelam ke perasaan-perasaan yang dateng itu, mengakui bahwa perasaan itu valid, dan intinya menerima perasaan itu. Dengan sadar sama perasaan-perasaan yang dateng itu, kita bisa "memisahkan" diri kita dengan perasaan itu ketika perasaan itu dateng lagi. Pokoknya dibagian ini gue jadi lebih merasakan perasaan yang datang ke diri gue, apapun itu mau marah sedih bahagia, gue analisis sendiri dan pada akhirnya ya gue lepaskan kembali.

Lalu, chapter yang bikin gue kayak "iya juga ya". Morrie bilang, kalo selama kita bertambah tua, kita itu juga berkembang. BUKAN hanya membusuk atau menuju mati doang gitu. Katanya, kalo ada orang yang mau balik buat jadi muda lagi, itu nunjukkin hidupnya yang unfulfilled, yang belum nemuin arti hidupnya. Karena kalo kita udh nemuin arti hidup, kita tuh gabakal gamau balik lagi karena kita ngerasa udah dapetin yang kita mau, dan akan terus mencari yang lebih lagi saat bertambahnya umur. Disini bikin gue mikir, gue harus menikmati hidup gue sebaik mungkin, bikin gue puas sama umur yang dikasih, bikin gue berani nyoba banyak hal biar nanti kedepannya gue gaperlu nyesel dan berangan-angan untuk balik muda lagi.

Dan yang terakhir, ada pembahasan ketika Mitch nanya "kita sama-sama manusia, yang awalnya lahir akhirnya mati juga. Jadi apa yang bedain kita sama manusia lainnya?" jawabannya Morrie adalah yang ngebedain itu gimana kita bisa kontribusi ke keluarga, ke orang lain, dan juga lingkungan yang kita cintai dan juga mencintai kita. Intinya, kita itu hidup ga sendiri, dan jelas pasti butuh orang lain kan, jadi selama masih hidup, harus bisa kasih sesuatu dampak untuk orang lain.

Iu dia inti-inti yang gue dapet di buku ini. Gue baca buku yang bahasa inggris dan menurut gue bahasa inggrisnya simpel dan mudah dicerna bagi gue yg bahasa inggrisnya cetek ini. Terus cara penulisannya adem gitu, sebenernya isinya tuh kayak ceramah, tapi pembawaanya kayak lagi diceritain sama seorang kakek gitu. YAAAA pokoknya bagus untuk dibaca!! :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun