Mohon tunggu...
asyqor razzaqqumar
asyqor razzaqqumar Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Muhamadiyah riau

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Filsafat dalam Berkehidupan Berbangsa dan Bernegara di Lingkungan Kampus

16 Juni 2021   15:41 Diperbarui: 16 Juni 2021   15:46 118 1 0 Mohon Tunggu...

Sebelum masuk keinti pembahasan baiknya kita mengetahui apa itu filsafat, filsafat adalah pengetahuan yang menggunakan akal,pikiran, nilai-nilai norma dan kebenaran.sedangkan pancasila ialah pilar idiologis Negara Indonesia atau dsar pedoman bangsa Indonesia .

Jadi, pancasila sebagai filsafaat itu dapat kita artikan Suatu kesatuan yang saling berkaitan, bahkan saling berkualifikasi antara satu sila dengan yang lainnya sehingga membentuk suatu struktur yang menyeluruh untuk tujuan tertentu.

Atau arti lain Pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, saling bekerjasama antara sila yang satu dengan sila yang lain untuk tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang utuh yang mempunyai beberapa inti sila, nilai dan landasan yang mendasar.

Pancasila sebagai sistem filsafatjuga memiliki arti yaitu bahan renungan yang menggugah kesadaran para pendiri negara, termasuk Soekarno ketika menggagas ide Philosophische Grondslag. Perenungan ini mengalir ke arah upaya untuk menemukan nilai-nilai filosofis yang menjadi identitas bangsa Indonesia.

Mengapa Pancasila dikatakan sebagai sistem filsafat karena Pancasila disebut sebagai sistem filsafat, karena keseluruhan sila sila yang didalamnya merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan, saling bekerjasama guna pencapaian tujuan tertentu dan secara menyeluruh merupakan bagian suatu kesatuan yang utuh.

Pancasila dikatakan sebagai filsafat, karena Pancasila merupakan hasil permenungan jiwa yang mendalam yang dilakukan oleh the founding fathers Indonesia, yang dituangkan dalam suatu sistem (Abdul Gani, 1998).

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di lingkungan kampus kita juga harus menerapkan pansacila sebagai filsafat. 

Berikut penerapan pancasila sebagai sitem filsafat  dalam lingkungan kampus
1. mengimani tuhan yang maha esa serta menjauhi segala larangan nya
2. saling menghormati antar umat ber agama
3. tidak membeda bedakan antar siswa/mahasiswi di kampus
4.mematuhi segala larangan kampus
5.sopan terhadap setiap dosen / orang yang kebih tua di kampus
6. tidak melakukan sesuati yang berhubungan tentang rasisme atau pun bullying
jadi dapat kita simpulkan menerepkan pancasila sebagai filsafat dalam kehidupan sehari maupun di kampus itu sangat penting karena kita akan menjadi seseorang yang lebih baik dan menjadi pribadi  teratur dan disiplin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x