Mohon tunggu...
asyam shobir
asyam shobir Mohon Tunggu... penggiat literatur budaya

Jurnalis Klikers

Selanjutnya

Tutup

Digital

Real Count KPU Curang?

28 April 2019   00:11 Diperbarui: 28 April 2019   00:21 0 1 1 Mohon Tunggu...
Real Count KPU Curang?
istock photo

Pasca Pesta demokrasi pemilu 2019. banyak isu yang beredar bahwa KPU Curang, dan banyak hacker-hacker asing yang menyusup website komisi pemilihan umum (KPU) Republik indonesia.

Apakah kamu salah satu orang yang penasaran dan berminat untuk mempelajari ilmu hacking? Jika iya, sebaiknya kamu tidak asal mulai. Karena sebelum mempelajari ilmu hacking, inilah ilmu yang wajib kamu pelajari lebih dulu. Yuk, simak pembahasannya!

Dasar Yang Wajib Lebih Dulu Kamu Ketahui Sebelum Teknik Hacking;

Dasar yang wajib kamu ketahui adalah bagaimana komputer terhubung satu sama lain. Para hacker pada umumnya akan mentargetkan komputer atau perangkat lainnya. Hal ini membuat kamu harus paham mengenai jaringan dan perangkat yang biasa dipakai dalam jaringan komputer. Jangan sampai kamu membuat sebuah virus, tapi nggak tahu bagaimana cara mengirimnya ke target.

Instrumen yang biasa dipakai dalam ilmu jaringan komputer ada dua merek, yaitu Cisco dan Mikrotik. Untuk merek Cisco sudah menjadi standarisasi untuk perbankan. Sementara untuk Mikrotik, merupakan solusi perangkat jaringan dengan harga terjangkau.

Memahami OS Linux secara mendalam dan mendetail;

Yang biasa dipakai oleh para Certified Ethical Hacker (CEH), adalah OS pentest yang berbasis Linux. Jadi tentu kamu juga harus memahami bagaimana sistem operasi Linux itu bekerja. Mulai dari command-command Linux, hingga seluruh fiturnya kamu harus pahami.

Alasan para hacker memilih Linux sendiri ada banyak. Salah satu di antaranya adalah Linux merupakan sistem operasi yang open source. Di mana artinya kode sumber Linux berada di ujung jari kamu. Kamu dapat dengan mudah memodifikasi kode sumber OS ini sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan :

Ilmu jaringan dan Linux, itu memang dua ilmu yang sebaiknya kamu pelajari lebih dahulu sebelum mempelajari ilmu hacking. Apabila kamu ingin mempelajarinya, bisa juga kuliah online melalui tutorial di youtube. Jadi Kamu tidak harus kuliah secara resmi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x