Kesehatan

Manfaat Meminum Air Lemon dan Madu Setiap Pagi Hari

2 April 2018   22:13 Diperbarui: 2 April 2018   22:25 629 1 0
Manfaat Meminum Air Lemon dan Madu Setiap Pagi Hari
sumber : hellosehat.com

Air campuran Lemon dan madu di pagi hari bisa membangkitkan energi dan kecantikan Anda luar dalam, tanpa memerlukan waktu lama. Setiap orang pasti ingin hidup sehat dan panjang umur. Anda selalu ingin berolahraga agar tubuh selalu terlihat sehat bugar, tetapi tidak punya waktu yang cukup karena sibuk dengan jadwal kerja yang padat . Mulai dari mengurus rumah, anak-anak, suami sampai Anda tidak memiliki waktu untuk merawat diri Anda sendiri.

Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah yang bisa membangkitkan kesehatan dan kecantikan Anda luar dalam, tanpa memerlukan waktu lama. Tips jitu ini dapat Anda lakukan di rumah setelah bangun tidur atau sebelum memulai aktivitas di luar.

Apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh dari meminum air lemon dan madu pada pagi hari?

Berikut ini adalah  manfaat meminum air campuran madu dan lemon yaitu:

1. Baik untuk Kulit tubuh

Vitamin C yang terkandung di dalam lemon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun kolagen agar kulit tetap terawat dan tampak lebih muda. Sedangkan Madu itu sendiri memiliki banyak senyawa yang membantu melembabkan kulit dari dalam.

2. Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti kembung, mules dan sembelit merupakan masalah yang sering di alami. Minum campuran air lemon dan madu adalah salah satu obat paling sederhana. Lemon kaya akan pektin yang berfungsi seperti scrubber di dalam usus. Yang berfungsi membantu membersihkan dan mendorong kotoran yang ada dalam tubuh secara efektif.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia dan merupakan ancaman utama bagi kesehatan manusia karena jantung merupakan salah satu organ terpenting di dalam tubuh kita. Jangan khawatir, karena racikan sederhana madu dan lemon ini bisa membantu mencegah penyakit tersebut. Karena lemon dan madu kaya akan kalium yang bisa menurunkan kadar tekanan darah dan mencegah resiko serangan jantung. Kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi dari lemon dan madu, dapat membantu melindungi otot jantung dari peradangan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kurang tidur, stres, dan diet yang buruk bisa mendatangkan penyakit yang cukup serius bagi tubuh Anda. Kandungan  Vitamin C yang terdapat pada lemon dan kaya akan mineral dalam madu, dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh dan melawan bakteri yang akan menyerang tubuh Anda. Madu juga memiliki sifat antimikroba alami untuk menjaga Anda tetap sehat.

5. Menghilangkan Racun Tubuh

Udara yang kita hirup, makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari, polusi udara terkadang sudah terkena berbagai macam jenis bahan kimua dan racun. Pada umumnya tubuh kita sudah memiliki pertahanan alami. Tetapi, ada baiknya jika memberikan pertahanan dari luar juga. Dengan mengkonsumsi lemon dan madu dapat meningkatkan fungsi hati untuk membantu detoksifikasi tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh yang ideal? Dengan Meminum madu dan lemon pada setiap pagi hari dipercaya dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh. Meskipun begitu,  menginginkan tubuh yang ideal juga  jangan hanya mengandalkan madu dan lemon saja, tetapi harus tetap dibarengi dengan pola makan yang lebih teratur dan sehat.

7. Mencegah infeksi saluran kencing

Hal ini disebabkan karena madu memiliki fungsi sebagai antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Ramuan madu dan lemon mampu membersihkan saluran kencing.

Apakah manfaat madu dan lemon tersebut sudah terbukti?

Lemon mengandung bioflavonoids yang termasuk ke dalam antioksidan. Lemon sering juga digunakan untuk mengobati batuk dan flu, masalah sulit, dan juga masalah pada batu ginjal. Oleh karena itu penderita baju ginjal sangat direkomendasikan untuk meminum air lemon karena mampu meningkatkan asam sitrat pada urin. Selagi masih bisa di lakukan dengan cara yang sederhana yang mudah di lakukan, lakukanlah selama itu baik untuk kesehatan tubuh Anda.  Selain itu, meminum lemon juga mampu melancarkan buang air kecil.

Sedangkan madu memiliki manfaat yang sama banyaknya dengan lemon. Meminum madu setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan lebih segar. Madu juga diketahui memiliki manfaat untuk menyembuhkan alergi, menambah stamina tubuh, batuk, asma dan masalah pada pencernaan lainnya. Selain untuk kebaikan di dalam tubuh madu juga bisa digunakan untuk pengobatan luar, seperti masalah pada kulit atau pada kulit yang terasa panas.

Cara membuat campuran madu dan lemon

Ambil gelas berisi air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan setengah irisan lemon. Atau, Anda bisa mengonsumsi madu dan lemon tanpa dicampur dengan air hangat, tetapi meminum air hangat setelahnya.

 Referensi :hellosehat.com