Mohon tunggu...
Astisofia Selsha
Astisofia Selsha Mohon Tunggu... Be The Best

"Tujuanmu di depan, balik kanan bukan jalannya"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pramuka Perguruan Tinggi Memberikan Benefit kepada Mahasiswa

22 Desember 2020   10:40 Diperbarui: 22 Desember 2020   10:49 86 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pramuka Perguruan Tinggi Memberikan Benefit kepada Mahasiswa
Dokumen pribadi

Pramuka biasanya menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajb bagi siswa SD, SMP, dan SMA. Saat menjadi mahasiswa di perguruan tinggi, tidak sedikit mahasiswa yang masih menganggap bahwa pramuka tidak lepas dari bermain dan berpanas-panasan. Sehingga mahasiswa merasa bahwa pramuka di sekolah masih sama dengan pramuka di perguruan tinggi. 

Biasanya hal ini di sebabkan karena mahasiswa ingin dan membutuhkan kegiatan yang sudah menjadi turun-temurun aktivitas para mahasiswa, yang menjadikan pramuka tidak terlihat menarik di mata mahasiswa. Padahal mahasiswa sangat memerlukan kegiatan yang bersifat nyata, memiliki progresif, dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasa dharma pramuka.

Rendahnya minat juga disebabkan karena stigma negative terhadap pramuka itu sendiri, dan beberapa tindakan negative yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab serta mencoreng nama pramuka dalam masyarakat.

Padahal, banyak sekali berbagai hal positif yang didapatkan ketika mengikuti Pramuka di perguruan tinggi. Terutama pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati yang memiliki Pramuka percontohan terhadap pramuka pada perti-perti di Indonesia. Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki banyak kegiatan-kegiatan yang menjamin meningkatkan mutu dan kualitas terhadap mahasiswa.

Setelah 3 tahun mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pada saat saya menduduki bangku sekolah menengah atas, banyak benefit yang saya dapatkan sehingga memutuskan untuk melanjutkan Pramuka pada perguruan tinggi.

Menemukan sisi lain pada diri

Lebih kepada tidak menemukan jati pada dalam diri, namun Pramuka UIN Sunan Gunung Djati membuat saya menemukan apa yang saya cari. Berbagai pendidikan yang terdapat didalamnya saya ikuti mulai dari penerimaan anggota baru yang di sebut Pendidikan Masa Tamu selama 1 bulan dengan 9 kali Pertemuan. Disana diberikan beberapa kali kepercayaan yang membuat saya bertanggung jawab atas kepercayaan tersebut. Sehingga saya sedkikit-demi sedikit melihat jadi diri dalam diri saya.

Peningkatan skill pada diri

Bakat dan skill yang dimiliki tidak akan muncul kecuali ada keinginan untuk mengasahnya sehingga muncul dan Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati memberikan hal itu. Memiliki ciri khusus yang membedakan dengan pramuka perti-perti yang lain, Pramuka UIN Sunan Gunung Djati memiliki unit-unit yang mencakup berbagai ranah yang berbeda-beda. Pers dan Komunikasi yang menjadi salah satu unit yang saya ikuti. Membuat saya mengasah kemampuan yang dimiliki sehingga saya mampu meningkatkan skill yang saya punya.

Relasi tersebar luas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN