Mohon tunggu...
Astiara Soviana
Astiara Soviana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Astiara Soviana merupakan seorang mahasiswa yang memiliki minat dibidang voice over dan copywritter.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dongkrak Eksistensi Kampung Batik, Mahasiswa KKN Undip Dukung Branding Kampung Batik melalui Cara Ini!

12 Agustus 2022   02:28 Diperbarui: 12 Agustus 2022   02:33 76 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Edukasi bersama Pengelola Batik Kharisma Kampung Batik pada Sabtu (30/7/22) (Dokumentasi Pribadi, 2022)

Bendungan (30/7/2022) -- Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 mendukung keberadaan Kampung Batik hingga dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kampung Batik Desa Bendungan terletak di Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang tepatnya di RW 4 Desa Bendungan. Batik yang diproduksi oleh masyarakat lokal tersebut memiliki filosofi yang menggambarkan gajah mungkur. Semangat masyarakat lokal untuk belajar membatik dan merintis pembuatan produk batik khas Desa Bendungan hingga sekarang perlu di apresiasi dengan terus memperkenalkan keberadaan kampung batik hingga keseluruh masyarakat Indonesia.

Motif Batik Kharisma yang di produksi Kampung Batik (Dokumentasi Pribadi, 2022)
Motif Batik Kharisma yang di produksi Kampung Batik (Dokumentasi Pribadi, 2022)

Banyak sekali keberagaman motif yang di produksi oleh Kampung Batik. Selain memproduksi batik, Kampung Batik Desa Bendungan ini juga turut membuka kesempatan masyarakat umum yang ingin belajar membatik dengan fasilitas yang tersedia. Dengan potensi yang dimiliki Kampung Batik, bersamaan dengan dukungan dari Dosen Pembimbing Lapangan yakni Ibu Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA., Astiara Soviana, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022, melalui program monodisiplinnya telah memberikan edukasi pemanfaatan blog sebagai sarana branding UMKM Kampung Batik kepada pengelola Kampung Batik untuk terus mendongkrak eksistensinya dengan terus melakukan branding.

Edukasi tersebut berjalan di rumah produksi batik dengan dihadiri tiga anggota yang salah satunya berhubungan dengan bidang pemasaran. Menurutnya, blog merupakan media yang mudah digunakan namun memiliki dampak yang cukup besar untuk memperkenalkan produk batik Kampung Batik ke masyarakat secara luas. Pada kesempatan tersebut, Astiara Soviana, Mahasiswa KKN Tim II Undip 2021/2022 memberikan edukasi secara dasar mengenai brand, branding dan juga strategi branding yang dapat di lakukan oleh pengelola batik nantinya. Selain itu juga penyerahan poster berupa langkah-langkah untuk branding tersebut ke dalam blog yang dapat digunakan pengelola batik untuk pegangan jika sewaktu-waktu ingin memperbarui informasi dan branding melalui blog.

Program tersebut dilaksanakan sebagai upaya mendukung SDG's kedelapan dan sembilan mengenai pertumbuhan ekonomi dan inovasi di Kampung Batik, Desa Bendungan. Harapannya, kampung batik dapat terus mempertahankan eksistensinya dengan melakukan berbagai branding termasuk melalui blog. Dan juga melalui edukasi dan poster tersebut dapat memberikan bekal ilmu kepada pengelola kampung batik dalam mem-branding produknya secara mandiri dan berkelanjutan.

Penulis : Astiara Soviana - 40020619650086 - Informasi dan Humas Sekolah Vokasi

Lokasi : Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang. 

Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan