Mohon tunggu...
Aster Susanna Sitompul
Aster Susanna Sitompul Mohon Tunggu... Guru - Saya guru di SMK Negeri 1 Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau. Sertifikat Profesi saya di bidang Kimia. Saat ini saya mengajar di kompetensi keahlian Analisis Pengujian Laboratorium untuk mata pelajaran C3 diantaranya Analisis Proksimat, Analisis Mikrobiologi, dan Analisis Kimia Konvensional.

Saya mengikuti pendidikan formal sejak tingkat SD hingga SMA di Pekanbaru Riau. Mengikuti perkuliahan di Universitas Sumatera Utara jurusan Teknik Kimia tamat tahun 1998 dan melanjutkan kuliah di Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang di FKIP jurusan Teknologi Pendidikan konsentrasi IPA lulus tahun 2010. Profesi guru saya lakoni sejak tahun 2000 hingga sekarang. Motto hidup saya: tetaplah menjadi orang yang berprilaku positif terhadap semua orang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Mengikuti E-Training Membuat Aplikasi Android

7 Desember 2019   16:35 Diperbarui: 7 Desember 2019   16:40 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam jumpa rekan-rekan semua, saya Aster Susanna Sitompul. Bertugas sebagai guru di SMK Negeri 1 Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau. Saya mengajar Mata Pelajaran di Kompetensi Keahlian Analisis Pengujian Laboratorium. Mata pelajaran yang saya ajarkan bagi para murid adalah Analisis Kuantitatif Konvensional, Analisis Mikrobiologi, dan Analisis Kimia Instrumen. 

Memang, mata pelajaran yang saya ajarkan tergolong sukar jika tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana Laboratorium yang sesuai dengan tuntutan kurikulum nasional. Maka dari itu, saya dengan segala daya dan upaya berusaha menyampaikan pembelajaran kepada para murid menggunakan internet untuk menjelaskan cara-cara analisis menggunakan instrumen yang tidak terdapat di sekolah.

Melalui DOGMIT, saya mendapat pencerahan dan penyegaran untuk mengajar para murid. Apalagi dengan dibukanya E-Training membuat Aplikasi Android maka saya yakin akan mempermudah saya dalam memberi bimbingan dan pembelajaran bagi para murid. Hal ini sesuai dengan program pemerintah Indonesia yang mengarahkan para guru untuk dapat menguasai TIK dalam mengemban tugasnya. 

Jadi, dengan adanya aplikasi android yang kita buat sendiri, pembelajaran lebih mengasikkan, para murid tidak mudah bosan, dan tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai karena para murid lebih cepat untuk memahami materi pembelajaran dengan aplikasi android  serta lebih fokus. Selama ini saya menggunakan internet untuk mengajarkan cara-cara analisis menggunakan instrumen dari situs YouTube. 

Murid-murid sering tidak fokus karena mereka malah melihat situs yang lain. Jadi, kalau sudah mempunyai aplikasi android yang kita buat sendiri, para murid lebih mudah untuk diarahkan mengakses aplikasi android pembelajaran yang kita buat, jangan lagi membuka situs yang bukan berkaitan dengan pembelajaran. 

Bahan materi pelajaran maupun evaluasi dapat diakses dengan mudah oleh para murid, sehingga pembelajaran dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Objek-objek yang tidak dapat dihadirkan di sekolah dapat disajikan melalui aplikasi android yang dirancang dengan menarik sesuai tuntutan kurikulum nasional.

Maka sangat bermanfaat kita mengikuti E-Training membuat aplikasi android dari DOGMIT. Hemat waktu dan efisien dengan mengikuti E-Training DOGMIT serta tak perlu bepergian meninggalkan keluarga seperti kita mengikuti pelatihan yang umum. Bahkan bertambah ilmu pengetahuan serta kenalan baru dari berbagai pelosok nusantara. Terima kasih DOGMIT Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun