Mohon tunggu...
Astara SalsaDiffa
Astara SalsaDiffa Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa yang ingin tercapai citacitanya

Mahasiswa UNEJ

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Analisa Input-Output untuk Perekonomian Suatu Wilayah

9 November 2019   17:09 Diperbarui: 9 November 2019   17:09 0 0 0 Mohon Tunggu...

Analisa input output sendiri merupakan suatu analisis dalam bidang ekonomi dimana merupakan model matematis untuk menelaah struktur perekonomian yang salng berkaitan antar sektor ekonomi disuatu wilayah. Analisa input output memiliki prinsip analisa yaitu mengidentifikasi serta mendisagregasi semua aliran pengeluaran antara berbagai aktivitas ekonomi dan konsumen antara aktivitas ekonomi dengan penyediaan input yang ada dalam struktur perdagangan perekonomian.

Tentunya dengan menganalisis input output keterkaitan sektor pereknomian dalam suatu wilayah akan mendapat manfaat berupa gambaran keterkaitan antar sektor sehingga memperluas wawasan terhadap perekonomian suatu wilayah, analisis input-output juga digunakan untuk mencari tahu daya menarik backward linkage dan daya mendorong forard linkage dan setiap sektor.

Maka dengan begitu melalui analisa input-output juga mampu memprediksi pertumbuhan ekonomi dan kenaikan tingkat kemakmuran masyarakat dengan menjadikan aanalisa input output sebagai alat untuk melihat permasalahan secara komprehensif sehingga mampu mengetahui kebutuhan tenaga kerja dan modal dalam perencanaan pembangunan ekonomi suatu wilayah.

Langkah-langkah dalam analisis input-output yaitu dengan penyajian dan perhitungan melalui matriks pengganda, kemudian analisis dampak, dan indeks daya penyebaran dan indeks derajat kepekaan, maka analisis input output dapat dipakai untuk menentukan kebijakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan perekonomian suatu daerah.