Mohon tunggu...
Muhammad Asri Amin
Muhammad Asri Amin Mohon Tunggu...

Dokter umum, pemerhati epidemiologi penyakit menular dan komunikasi kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Korban Perkosaan dan Transparansi Rumah Sakit

7 Januari 2013   01:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:26 453 0 0 Mohon Tunggu...

Anak pemulung yang menjadi korban perkosaan telah mati demikian berita yang tersebar diberbagai media, beberapa hari yang lalu pada awal masuknya anak itu ke rumah sakit diberitakan bahwa infeksi alat kemaluan baru ketahuan setelah petugas medis akan memasukkan obat penurun panas pada dubur pasien, hal ini menunjukkan bahwa ada kekurang hati-hatian pada waktu pemeriksaan awal. secara klasik pemeriksaan harusnya mengenai seluruh tubuh terutama pada pasien baru masuk yang sudah dalam keadaan setengah sadar.

pengmuman pihak rumah sakit pada waktu melakukan konferensi pers mengabarkan secara terbuka bahwa ada infeksi pada alat kelamin dan pasien mengalami koma karena radang otak akibat penyakit infeksi,  ada hal penting yang tidak  diumumkan oleh pihak rumah sakit yaitu; mengenai jenis kuman atau virus penyebab infeksi, apakah ini disengaja atau tidak ? hanya pihak rumah sakit yang tahu. atau apakah tidak dilakukan pengambilan contoh bahan untuk  pemeriksaan  laboratorium..? kembali terserah pada pihak rumah sakit.

Pengambilan dan pemeriksaan spesimen laboratorium sangat bermanfaat untuk mengetahui penyebab infeksi dan untuk membantu mengarahkan pemberian obat yang lebih efektif, namun demikian pada keadaan darurat maka priotitas biasanya lebih diarahkan pada bagaimana mempertahankan nyawa pasien dan mungkin pemberian pengobatan yang berspektrum luas yang diberikan tanpa menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

Hasil pemeriksaan laboratorium juga sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi sumber infeksi atau menunjukkan siapa pelaku pemerkosa, yaitu minimal sipemerkosa mempunyai penyakit infeksi yang sama dengan yang diderita oleh korban.  dalam hal ini infeksi ditularkan oleh pelaku pemerkosa. Pengambilan bahan untuk contoh spesimen laboratorium biasanya dilakukan pada awal penderita masuk ke rumah sakit, spesimen dapat disimpan sebagai bahan untuk rujukan forensik..? resiko pengambilan dan pemeriksaan spesimen laboratorium tentu membutuhkan biaya yang cukup mahal tetapi sekalipun pasien itu keluarga pemulung pemeriksaan laboratorium adalah hal yang perlu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x