Mohon tunggu...
Muhammad Asri Amin
Muhammad Asri Amin Mohon Tunggu... Freelance consultant -

Dokter umum, pemerhati epidemiologi penyakit menular dan komunikasi kesehatan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Makin Dikilik Makin Asyik

15 September 2010   07:10 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:14 294 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tahukah anda bagian paling disukai dari seekor ayam ? pada umumnya orang akan menjawab bahwa bagian yang paling disukai adalah bulunya, mengapa bulu ayam yang dipilih ? .................................karena bulu ayam dapat dipakai sebagai korek kuping. Nikmatnya mengorek-ngorek kuping ini ternyata tak baik untuk kesehatan kuping atau telinga.Kebiasaan mengorek kuping dapat menyebabkan beberapa hal yaitu;

-         Kulit dari liang telinga akan terkelupas sehingga mudah terjadi infeksi, apa lagi jika anda mengorek-ngorek kuping menggunakan benda-benda keras dan bahkan jari tangan sendiri apakah itu telunjuk atau jari kelingking sama saja.

Bagaimana kalau dikorek menggunakan kapas lidi atau cotton swab ? menurut akhli kedokteran THT ujung dari kapas lidi akan mendorong sisa-sisa kulit dan tahi telinga kearah dalam sehingga menumpuk didepan gendang telinga dan dapat mengganggu gendang telinga.

Mereka yang terbiasa mengorek-ngorek kuping biasanya akan selalu merasa kupingnya gatal dan keinginan untuk mengorek liang kuping hampir tak tertahankan. Ada diantara mereka yang sudah tak peduli walaupun didepan public misalnya diatas trans Jakarta tetap aja mengorek kuping, memasukan salah satu jari tangan kekuping dan menggerakkan nya dengan cepat sampai semua badannya tergetar, alas an menjaga kebersihan liang telinga biasa menyebabkan orang suka mengorek koping, tapi karena mungkin liang telinga yang terinfeksi oleh jamur atau karena sering berenang menyebabkan mereka merasa liang telinga selalu basah.

- Tanda-tanda infeksi dari laing telinga atau disebut otitis eksterna adalah; telinga luar terasa sakit terutama kalau disentuh atau ditekan, warna kulit kuping disekitar lubangnya itu terlihat lebih memerah, ada cairan yang keluar berwarna jernih sampai putih agak kekuningan. Kalau lubang telinga sudah terinfeksi begini maka cepatlah kedokter agar infeksi tidak meluas sampai ke bagian  telinga dalam, jika infeksi sudah menjalar ke bagian telinga dalam maka akan makin lama untuk disembuhkan. Untuk menghindari infeksi pesan utama adalah jangan sembarang memasukkan jari tangan atau benda-benda keras lainnya kedalam lubang telinga anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan