Mohon tunggu...
asrida gultom
asrida gultom Mohon Tunggu... Akuntan - Karywan swasta, freelance decor dan kuliah

Perlu ilmu dari mana saja yang terpercaya dan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Dampak "Negatif" Media Sosial bagi Anak

22 Mei 2022   00:56 Diperbarui: 22 Mei 2022   01:04 57 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di era globalisasi sekarang dimana teknologi semakin hari semakin maju saja bahkan bisa dikategorikan semakin canggih dan semakin beragam jenisnya. Banyak sekali bermunculan hal-hal baru didunia ini dan jika bisa semua orang akan mengikutinya. Media sosil yang paling dikenal dan tetap terpopuler, digunakan dan banyak digemari masyarakat didunia sekarang adalah Youtube. Bahkan siapa sekarang yang tidak mengenal platform video yang bernama "Youtube" ?

Pasti semua orang mengenalnya dari generasi Gen X yang lahir ditahun 1965 - 1980 mungkin pada zaman sekarang sudah menjadi orangtua kita, Gen Y ataupun sering dikenal dengan sebutan generasi milenial yang mulai lahir pada tahun 1981-1996 para orangtua muda ataupun dewasa muda yang sedang membangun karirnya,  selanjutnya Gen Z yakni kelahiran  mulai dari tahun 1997-2012 mungkin masih berstatus mahasiswa ataupun pelajar,  tidak kalah ketinggalan dengan anak-anak yang lahir setelah tahun generasi tersebut yang tergolong diusia sekarang ini, justru lebih mengenal dan menggunakan aplikasi dari media sosila diatas.

Apa itu media sosial Youtube ?

Yakni sebuah situs yang memberikan informasi berupa video-video kepada penggunanya  dan memungkinkan juga penggunanya untuk menggungah, menonton dan berbagi video satu dengan yang lainnya dimanapun bahkan menjangkau seluruh dunia.

Bagaimanakah Informasi yang diberikan Youtube ?

Informasi yang sangat beraneka ragam karena berisikan video-video dari seluruh dunia mulai dari ilmu pengetahuan, hiburan, film dengan berbagai genre, cerita fiksi, cerita kehidupan nyata, berita dan sebagainya.

Karena hal tersebut sangat mudah diakses dan ditonton oleh semua orang tidak terkecuali dengan anak-anak pun bisa menontonnya dengan mudah. Akibatnya informasi yang seharusnya bukan buat konsumsi mereka menjadi tontonan mereka.Dimana bahasa yang digunakan terlalu bebas tidak menutup kemungkinan  banyak pula kata-kata kasar yang akan dan bisa mereka tiru, jika video-video tersebut selalu menampilkan hal tersebut jika tidak ada penampingan dari orang yang lebih tua. Akibat selajutnya meningkatnya gangguan bicara pada anak balita jika selalu diberikan menonton youtube secara berlebihan yang menghambat pertumbuhan disebabkan oleh radiasi smartphone kita. Belum lagi tingkat obesitas pada anak, perilaku yang kasar bahkan sampai suka berkelahi, agresif bahkan melakukan hal-hal yang berbahaya dan lain-lain.

Seburuk  itu dampak negatif media sosial jika tidak diimbangi dengan pengawasan ataupun bimbingan yang baik, semoga kedepannya bisa jauh lebih berkurang bahkan media sosial bisa berdampak positif lagi dan lagi bagi setiap penggunanya.

Sekian dan terimakasih,  semoga informasi ini bisa berguna.

PENULIS  :

ASRIDA GULTOM 211011200827

DINDA RAHMADITYA 211011200184

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan