Mohon tunggu...
asni asueb
asni asueb Mohon Tunggu... Mencoba kembali di dunia menulis

Seorang ibu rumah tangga yang senang menulis, sempat berlalu dari dunia menulis dan kembali terdampar di dunia menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Berjalan Kaki ke Surau

11 April 2021   19:23 Diperbarui: 12 April 2021   22:15 317 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berjalan Kaki ke Surau
Dokpribadi, surau masa kecil telah berubah. 

 Mengenang masa kecil hal yang paling terindah. Dibesarkan di keluarga yang masih menyematkan  budaya dan kepercayaan bahwa untuk ke surau atau ke masjid lebih baik jalan kaki dari pada berkendaraan dan mencari tempat yang terjauh dari rumah.  

Surau perkumpulan orang minang yang di beri nama Pertadas yang berlokasi di gang Sumpu pasar tengah belakang toko H. Halim yang sekarang berganti nama Al Munawarah. 

Saat sholat angin akan bertiup dengan indahnya hingga tak membuat gerah. Di tambah lagi di pinggiran sungai.

Awalnya sebagai anak kita sempat protes, kenapa sholat  taraweh harus jauh jauh.sedangkan di dekat rumah ada. 

Pahala Besar dengan Berjalan Menuju Masjid


Maukah kalian aku tunjukkan kepada suatu amal yang dapat menghapus kesalahan (dosa) dan meninggikan derajat?” Para sahabat menjawab, ”Ya, wahai Rasulullah.” Rasulullah bersabda, ”(Yaitu) menyempurnakan wudhu dalam kondisi sulit, banyaknya langkah menuju masjid, menunggu shalat setelah mendirikan shalat. Itulah ar-ribath (kebaikan yang banyak).” (HR. Muslim no. 251)

Sesungguhnya, pahala yang paling besar adalah yang paling jauh rumahnya dari masjid.  Para Fuqaha (ulama ahli fiqih)  menegaskan di anjurkan memperpendek langkah menuju masjid dan tidak tergesa-gesa (alias berjalan dengan tenang) ketika menuju masjid. 

Sesungguhnya pahala orang yang terbesar dalam hal shalat adalah mereka yang paling jauh jarak jalan kakinya kemudian yang berikutnya” (HR. Muslim, 662)

Setelah papa menjelaskan kenapa dia menganjurkan anak anaknya untuk pergi taraweh berjalan kaki dan jauh dari rumah. Kita sebagai anak tidak protes lagi dan menjalankannya dengan senang hati. 

Diperjalanan menuju surau kita bercanda, saling sapa bila bertemu dengan teman dan kita merasakan manfaat berjalan kaki menuju surau;

1. Mampu melatih otot dan persendian tulang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x