Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Teman Bus, Melayani Transportasi Murah di Bali

7 November 2022   13:55 Diperbarui: 8 November 2022   09:16 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Armada Temanku Bus (dok Tribunnews)

Setelah traveling selama satu minggu di Pulau Bali , saya baru tahu sekarang di Bali  telah tersedia layanan transportasi antar tujuan wisata di Bali . Teman Bus Denpasar dikelola oleh PT Trans Metro Dewata.

Teman Bus adalah nama angkutan umum yang menjadi bagian dari program Teman Bus gagasan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.


Operator yang menjalankan operasional layanan Teman Bus Denpasar dengan area Denpasar dan sekitarnya adalah PT. Trans Metro Dewata.

Teman Bus terhubung dengan Bandara Internasional Ngurah Rai, serta terminal-terminal lain dan mencakup hingga ke wilayah luar Kota Denpasar seperti Tabanan, Ubud, Gianyar, Sukawati, Banjar Tegal Jaya dan Sanur.

Armada bus sedang berkapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk dan  dengan masing-masing 1 area untuk prioritas.

Saya sudah mencoba naik Teman Bus warna merah dari Terminal Ubung ke Ubud cukup waktu hanya satu jam di hari kerja. Dari Terminal Central Kuta ke Sanur hanya cukup waktu setengah jam di waktu setelah jam kerja. Tarip ongkos Teman Bus sangat murah dibanding naik ojek atau taksi.

Penumpang bus sering kosong (dok asita)
Penumpang bus sering kosong (dok asita)

Tarif Teman Bus Denpasar cukup Rp 4.400 per orang dan khusus manula dengan menunjukkan  KTP ke sopir  digratiskan  ongkosnya ke jurusan trayek mana pun . Mahasiswa dan pelajar juga penyandang disabilitas gratis naik bus ini. 


Sementara ini per tanggal 31 Oktober 2022, penumpang Teman Bus Denpasar dapat berganti bus di halte hanya dengan satu kali pembayaran seperti halnya yang berlaku di transportasi busway Trans Jakarta.

Halte bus di Ubud hanya ada papan nama (dok asita)
Halte bus di Ubud hanya ada papan nama (dok asita)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun