Tonjit
Tonjit

Karyamu adalah sejarah

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Menariknya Komik Manga "One Piece"

27 April 2018   15:33 Diperbarui: 27 April 2018   16:26 1180 1 0
Menariknya Komik Manga "One Piece"
Sumber: lospaziobianco.it

One Piece merupakan manga karya Eiichiro Oda yang bertemakan bajak laut. Serialisasinya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan masih ongoing. Salah satu manga terbaik dan terpupuler hingga saat ini, mampu mencetak jutaan copy. 

Pada terbitan volume 67, manga ini memecahkan rekor tertinggi sebagai buku dengan jumlah cetakan terbanyak sepanjang masa, sebanyak 4,05 juta copy.

Pada bulan Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai manga  tercepat yang mencapai angka penjualan 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta copy. 

Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. One Piece banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita (sumber: wikia).

Tahun 2018 ini, One Piece sudah menembus bab 900. Saat ini ceritanya sudah menjalani 80%, sisa 20% menuju ending, dikutip dari hasil sesi wawancara editornya, Sugita. Sekarang masih belum terlambat untuk mengikuti One Piece, karena jika dikalkulasikan 20% tersebut masih cukup lama loh. 

Ini juga bukan sesuatu yang dapat dipastikan, karena sepenuhnya bergantung pada si pengarang. Mungkin juga bisa lebih lama, jika Oda sangat menikmatinya. Tapi tenang, kabar gembiranya si pengarang sejak awal sudah memikirkan ending One piece ini dan itu artinya tidak ada yang berubah sampai sekarang. Kita akan menikmati endingnya bersama tanpa rasa kecewa. Semoga Oda tetap sehat, agar kita bisa melihat akhir cerita maha karya ini.

Setelah semua yang terlihat adalah banyaknya penghargaan dan pujian-pujian, maka dalam benak kalian pasti akan bertanya. Apa sih menariknya One Piece ?

Well, ini pertanyaan yang sangat wajar bagi yang belum mengikuti One Piece dan hanya mendengar desas-desus harumnya saja. Namun, sebelum kalian membaca artikel ini, saya sarankan untuk membaca manga ini terlebih dahulu. Setelah itu, kalian baru bisa bilang bahwa saya tidak mengada-ngada.

Sekarang masuk ke intinya. Saya akan menceritakan apa saja yang menarik dari One Piece. Salah satunya dan mungkin hampir semua fans menyukai manga ini adalah karena pembangunan alur ceritanya yang begitu epic, kokoh, dan kompleks. 

Unsur-unsur bajak laut, kerajaan, sejarah, politik, konspirasi, propaganda, perang, petualangan, bela diri, dan hal mistis sekalipun tersaji dengan sangat rapi. Benar-benar manga yang kaya ide, yang selama ini pernah kubaca di antara manga-manga lainnya. Bahkan tak jarang membuat sebagian fans berpikir keras untuk menelurkan sebuah teori karena alur ceritanya yang saling terhubung.

Saya salah satu yang sebagian besar tertarik mengikuti One Piece adalah karena kekuatan alur ceritanya. Sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata saja. Namun sebagian besar, tiap-tiap misteri di One Piece selalu membuat penasaran. 

Bahkan petunjuk paling kecil yang sering terabaikan oleh mata, pun mengharuskan saya membaca ulang kembali agar dapat mengikuti alur cerita ke depannya. Jadi, disarankan untuk membaca manga ini dengan sangat teliti, karena Oda benar-benar memikirkan hal tersebut dan sangat konsisten.

Selain itu, saya juga menyukai dunia fantasinya yang megah dan bebas imaginasi. Membuat kita dapat terbawa ke dalam dunia fiksinya. Seperti adanya negeri di atas langit dan bawah laut, kehidupan flora dan faunanya, benua red line yang sangat tinggi, iklim dan cuacanya, serta ras-ras yang hidup di dunia One Piece. Pokoknya dunia One Piece benar-benar fantastis dan sangat membumi bagi pembacanya. Maka tidak jarang yang menyukai manga ini hampir semua kalangan usia, kecuali umuran kakek nenek ya XD.

Penokohan karakternya juga tidak kalah hebat, mampu menghipnotis pembacanya hingga mencapai titik emosional yang dapat membuat perasaan kita benar-benar tersentuh. Sebut saja insiden kematian Ace di arc Marineford dan pembakaran Going Merry di arc Enies Lobby. Kemudian dari segi humorisnya, yang membuat manga ini tidak terlalu monoton dan membosankan dari aksi-aksi menegangkan. 

Oda benar-benar mengerti pembacanya dan mampu mengemas semua itu. Bisa  saya bilang, ia mangaka yang sangat cerdas dan genius hingga dapat melakukan hal tersebut.

Oh iya satu lagi, saya juga menyukai dunia arsiteknya, seni-seni bangunan, dan kota-kota bersejarahnya. Seperti Alubarna, Kota Emas Shandora, dan Water 7. Bahkan jika kalian mencari tahu, ada kemiripan dengan bangunan dan kota bersejarah di dunia nyata. 

Hal ini membuktikan bahwa Oda tidak hanya sekedar membuat karya fiksi, namun juga memasukan pendekatan-pendekatan dari referensi otentik dunia nyata.

Nah nakama, itu semua yang dapat saya bagikan untuk menjawab pertanyaan di atas. Saya tidak akan ragu untuk menceritakannya, karena faktanya sudah bertahun-tahun saya masih mengikuti manga ini XD. 

Baiklah, saya cukupkan sampai di sini. Kalian pasti punya alasan sendiri kenapa menyukai One Piece. Silahkan berbagi cerita kalian dengan siapapun dan jangan lupa untuk membeli komiknya sebagai bentuk apresiasi kita terhadap pengarang.