Mohon tunggu...
Ashar Saputra
Ashar Saputra Mohon Tunggu... Ashar

Tinggal di Jogjakarta, senang menjadi dosen dan mengabdi kepada masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Literasi dan Blogging

3 April 2020   15:15 Diperbarui: 4 April 2020   09:57 2280 12 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Literasi dan Blogging
ilustrasi melek literasi. (sumber: KOMPAS)

Pada kesempatan pembekalan kepada calon peserta KKN, disampaikan oleh penulis bawa salah satu tantangan yang akan dihadapi untuk mencapai keberhasilan program KKN adalah kemampuan berkomunikasi dengan komunitas yang memiliki variasi latar belakang sosial, budaya, ekonomi, suku, agama, dan yang paling penting adalah variasi tingkat literasi.  

Banyak mahasiswa calon peserta KKN yang dari raut mukanya terlihat tidak mengerti tentang konteks kalimat yang mengandung frasa tingkat literasi.

Belum lama ini, pada sebuah group chat yang penulis ikuti, sempat terjadi diskusi mengenai frasa tingkat literasi yang cukup menggelitik. Sebuah kalimat muncul: "Salah satu ukuran kemajuan sebuah masyarakat adalah tingkat literasiny. 

Semakin maju sebuah bangsa, maka tingkat literasinya juga semakin tinggi". Ternyata beberapa anggota group chat memberikan respon bahwa sebelumnya yang dipahami dengan tingkat literasi terbatas kepada banyaknya jumlah buku yang sudah dibaca, yang selanjutnya berdampak kepada kemampuan seseorang dalam berkomunikasi.

Pada kesempatan itu penulis mencoba memberikan penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan kata literasi. 

Tingkat literasi tidak hanya berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi, namun lebih kepada kesiapan untuk mencari, memverifikasi, menikmati, dan menjadikanya modal bagi pencerahan dirinya.

Tentu saja selanjutnya akan berdampak kepada kemampuan seseorang dalam hal berkomunikasi, memahami, berempati, berbagi, mau berkorban, bekerja untuk kepuasan batin, dll.

Kata literasi mungkin saja memiliki kedekatan dengan kata dalam Bahasa Inggris literate. Jika mengacu kepada Kamus Merriam-Webster, literate [adjective], memiliki beberapa definisi. 

Namun definisi yang lebih dekat untuk memahami beberapa kalimat di atas adalah educated, culteured. Definisi lain yang bisa ditemukan pada kamus yang sama adalah having knowledge or competence. Sinonim dari kata literate adalah educated, erudite, knowledgeable, learned, lettered, scholarly, well-read.  

Masih dari kamus yang sama, antonim dari kata literate adalah benighted, dark, ignorant, illiterate, uneducated, unlearned, unlettered, unscholarly

Dari beberapa pengertian di atas, dapat diambil sebuah gambaran bahwa literate yang ajektif bersinonim -memiliki kedekatan makna- dengan educated. Apakah hanya sekedar bersinonim saja? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN