Tanpa kita sadari mungkin terdapat beberapa produk yang membuat kita merasa tertarik untuk membelinya berdasarkan hanya keinginan belaka, bahkan yang awalnya kita tidak merencanakan untuk membelinya malah membeli produk tersebut. Karena, sebagian dari transaksi atau pembelian yang kita lakukan terjadi kerena adanya faktor psikologi, baik secara berbicara langsung dengan penjualnya, melalui media sosial, atau hanya sekedar penasaran dalam pandangan.
Berikut 4 rahasia trik psikologi marketing dalam penjualan suatu produk:
1. YES - SET
Dalam pola ini yang dilakukan penjual yaitu berusaha meng-iyakan kalimat dari calon konsumen atau sebaliknya, mencari pertanyaan yang jawabannya kemungkinan besar menjawab "YA" dari calon konsumen. Setelah mendapatkan 3 - 5 jawaban ya, maka barulah fokuskan pada penawaran yang akan kita tuju.
2. COLD READING
Merupakan teknik yang basa digunakan dalam dunia mentalis, zodiak, dan sebagainya. Intinya teknik ini adalah untuk memadukan observasi langsung calon konsumen, dengan beberapa script yang membuatnya terpengaruh.
3. PRIMMING EFFECT
Banyak dari kita tidak menyadari bahwa display produk biasanya ditentukan oleh jarak pandang atau kedekatannya dengan calon konsumen. Hal ini biasanya disebut sebagai primming, yaitu kita akan lebih mengingat sesuatu yang kita lihat pertama kali atau terakhir kali.Â
4. DECOY - EFFECT
Teknik yang sering digunakan untuk mempengaruhi perilaku konsumen seseorang, biasanya banyak ditemui dalam menu makanan, daftar smartphone, maupun paket tertentu. Decoy effect memberikan ilusi harga melalui pilihan.
Itulah 4 trik psikologi marketing dalam menjual suatu produk, yang mungkin kita sering mengalaminya dalam kehidupan sehari-hari hanya saja terkadang kita tidak mengetahuinya, semoga bisa bermanfaat.
Saya Asep Saepul Milah direksi yang bertugas, dan seperti biasa terima kasih.