Hobi

Gumilang Farm dan Sosok di Baliknya

16 Mei 2019   08:14 Diperbarui: 16 Mei 2019   08:21 3 0 0
Gumilang Farm dan Sosok di Baliknya
Dokpri

Sukabumi, Kompasiana - Jika berkunjung ke Kota Sukabumi, biasanya identik dengan pertanian maupun peternakannya. Selain lahan yang cukup luas, iklim dan juga udara di Sukabumi juga pas untuk mendirikan suatu peternakan maupun pertanian. Membahas soal peternakan, di Sukabumi terdapat salah satu peternakan ikan air tawar yang juga sebagai tempat pembelajaran metode pengembangbiakkan ikan air tawar tersebut. 

Gumilang Farm namanya.
Gumilang Farm sendiri terletak di Sukaraja, Kota Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Baru Sukaraja. Gumilang Farm didirikan oleh seorang pria bernama Teguh Gumilang. Teguh sendiri adalah orang asli Sukabumi yang memiliki mimpi untuk mendirikan peternakan air tawar miliknya sendiri sejak ia masih duduk di bangku kuliah dan pada tahun 2008, ia berhasil mendirikan peternakan air tawar dengan nama Gumilang Farm.

Gumilang Farm adalah usaha budidaya air tawar sekaligus akademik bioflok. Usaha budidaya air tawar milik Teguh ini, berhasil mendapatkan omset yang mencapai ratusan juta rupiah. Sampai saat ini, Teguh sudah memiliki 20 hingga 30 kolam di 3 titik di Sukabumi dan beberapa kolam di Kota Jambi.

Selain bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari budidaya air tawar yang dimiliki, Teguh juga berniat untuk membagikan ilmu yang dimilikinya seputar teknik baru yang ia kembangkan yang bernama teknik Bioflok, dimana teknik ini cukup efektif untuk dipakai pada budidaya air tawar. Teguh membagikan ilmunya dengan cara mendirikan akademik khusus untuk orang-orang yang memiliki niat mempelajari teknik Biofloc tersebut.

Menurutnya, beberapa orang di luar negeri pun juga sudah berkunjung ke tempat budidaya air tawar miliknya untuk belajar mengaplikasikan teknik Biofloc tersebut. Namun, ia menyayangkan bahwa anak-anak muda disekitarnya masih memiliki minat yang kurang terhadap teknik budidaya air tawar Biofloc ini.

Dokpri
Dokpri

Selain diajarkan secara teknik di TKP, Teguh juga memberikan pelatihan secara online bagi peserta yang ingin mengikuti pembelajaran teknik yang dikembangkannya. Untuk pelatihan secara online, Teguh memberikan media seperti E-Book dan juga video praktik serta akses konsultasi seumur hidup.

Teguh Gumilang, seorang petani di era milenials ini berharap bahwa anak-anak muda sekarang janganlah malu dan sungkan untuk menjadi seorang petani karena menurutnya, selama manusia masih membutuhkan makanan, petani adalah orang yang paling dibutuhkan.