Mohon tunggu...
arya rahman
arya rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

suka ketoprak

Selanjutnya

Tutup

Film

Dilan 1990

1 Oktober 2022   15:35 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:43 124 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

 

Kembali lagi dengan tugas yang diberikan oleh dosen bahasa Indonesia. Di hari jumat ini saya akan menceritakan ulang film dilan yang sebelumnya sudah dijelaskan oleh teman sekelas saya yang bernama Labib. Pada siang hari Labib menceritakan kepada saya film yang berjudul Dilan 1990. Film ini berasal dari sebuah novel yang ditulis oleh pidi baiq dan yang menyutradarai film dilan ini yaitu pidi baiq dan fajar bustomi. 

Film ini tayang dibioskop pada tahun 2018. Pada saat itu Labib dan teman pondok nya sangat menunggu sekali film ini ditambah dengan pemain nya yaitu Iqbal Ramadan yang membuat Labib penasaran dengan Film ini. Alasan Labib menyukai film dilan ini karena film ini bergendre romatis anak SMA.

Setelah hampir 2 menit Labib bercerita, Labib meneruskan ceritanya, ia bilang bahwa disebuah SMA di daerah bandung ada siswi pindahan dari Jakarta. Siswi itu bernama Milea, nah waktu pertama kali Dilan melihat sosok Milea ini, Dilan mempuyai rasa suka dan berusaha untuk mendekatinya. Dilan pikir ia akan mudah mendapatkan hati milea karna selama dilan mendekati cwe dia tidak pernah gagal. Namun milea berbeda dengan cwe lainya, milea bersikap dingin atau cuek dengan sikap dilan yang mencoba menggodanya, Karna sikap milea ini yang dingin dan cuek itu membuat dilan makin penasaran dengan sosok milea.

Berbagai cara sudah dilakukan oleh Dilan. Mulai dari mengirim kan sebuah tts, mengajak pulang bareng dan masih banyak lainya, akhirnya Milea luluh kepada dilan. Dan akkhirnya mereka itu berpacaran.

Setelah berpacaran, Milea mengetahui bahwa dilan adalah ketua geng motor di Bandung. Mengetahui hal itu Milea menyuruh Dilan keluar dari geng motor karena Milea tidak mau terjadi sesuatu kepada Dilan, Milea khawatir dengan dilan.

Di siang hari ada peristiwa penyerangan kepada sekolah dilan, penyerangan itu dilakukan oleh SMA sebrang, mereka menyerang menggunakan batu-batu besar dan membawa senjata tajam, akibat kericuhan yang sangat besar akhirnya datang segerombolan polisi untuk mengamankan keadaan tersebut, saat polisi datang SMA sebrang pun kabur menggunakan motor nya dengan sangat kencang. Milea yang ada didalam kelas pun langsung mencari dilan, milea khawatir dengan dilan, setelah dicari cari dilan ada dibelakang kelas. Milea berkata agar dilan keluar dari geng motor, karna tidak ada gunakan ya, malah membahayakan orang lain, Dilan hanya diam dan menjelaskna bahwa dia tidak ada campur tangan dengan masalah itu, namun milea tetap tidak percaya.

Selama mereka pacaran banyak sekali kesalahpahaman. Mereka berdua saling sayang, saling mencintai dan saling membutuhkan. Orang yang sudah menonton Dilan pun pasti masih ingat dengan kata-kata dilan ini " jangan rindu berat, biar aku saja." Akibat kesalah pahaman akhirnya hubungan mereka sedikit ranggang tidak seperti dulu. Dulu mereka sangat ceria, bahagia dan saling menghubungi satu sama lain. Namun sekarang mereka diam dan saling menahan rindunya masing-masing.

Hal yang bisa kita ambil dari film Dilan ini adalah ketika kita menjalin hubungan dengan seseorang kita harus saling mempercayai dan harus memberikan penjelasan yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dan yang lebih pentingnya lagi adalah harus saling menjaga hari untuk seseorang yang kita cintai, jika kita tidak menjaga untuknya, percayalah nanti orang itu akan hilang.

Nah itu dalah film dilan yang bisa saya cerita kan, maaf apabila ada banyak kekurangan dan kesalahan dan terimakasih untuk kalian yang sudah membaca sapai habis semoga hidup kalian happy terus ya. Sekali lagi terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan