Mohon tunggu...
Arya Pradana
Arya Pradana Mohon Tunggu... Dokter - Jurnalis Independent / Dokter Olahraga / Doping Control Officer / Travel Business

Penulis independen, menulis berdasarkan fakta dan data serta pengalaman hidup. tinggal di Rusia, Swiss, Inggris dan Indonesia tentunya. 📩📝 https://www.chelseafc.com/in #Abramovichteam

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Pengalaman Menjadi Petugas Doping di Event Formula 1 GP Sochi Rusia (Arya Pradana)

17 Juni 2022   01:30 Diperbarui: 3 Juli 2022   23:29 134 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saat bertugas di event Formula 1 GP Sochi Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi

Pengalaman menjadi Petugas Doping di Event Formula 1 Sochi Rusia

Sochi, Adler, Rusia


Disamping sebagai destinasi wisata bagi warga Rusia yang ingin menikmati indahnya laut di kawasan laut hitam, kota Sochi juga menyimpan banyak event yang selama ini selalu menjadi destinasi sport tourism. Ya setelah 2014 lalu sukses menyelenggarakan olimpiade musim dingin Kota Sochi juga rutin mengadakan event balap Jet darat Formula 1 di sirkuit Sochi Park Adler.

Ya dibangun di area komplek olahraga Adler, GP Formula 1 Sochi menyimpan jutaan hal menarik. Walaupun saat ini karena konflik Rusia dan Ukraina balapan Formula 1 di Sochi resmi di hapuskan tapi banyak kisah menarik yang penulis alami saat berkesempatan bertugas bekerja di event Formula 1 ini sebagai petugas Doping Control.

Berpose di Sirkuit Formula 1 GP Sochi Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi
Berpose di Sirkuit Formula 1 GP Sochi Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi

Saat event ini dilakukan pada bulan september 2021 lalu, saya bertugas sebagai petugas doping control yang bertugas mengecek sampel doping pembalap yang mengikuti balapan di sirkuit Sochi. Saya sudah menjadi petugas doping control di GP Formula 1 Sochi sudah sejak 6 tahun terakhir dari tahun 2016 dimana tepat pada tahun itu pembalap Indonesia Rio Haryanto mendapatkan kesempatan untuk menjadi pembalap di sirkuit Sochi ini.

Briefing sebelum bertugas di event Formula 1 GP Sochi Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi
Briefing sebelum bertugas di event Formula 1 GP Sochi Rusia. Sumber foto : Dokumen pribadi

Sampel doping di event Formula 1 ini diambil setelah pembalap melaksanan balapannya, petugas Doping yang berjumlah 5 orang termasuk penulis bertugas mengambil sampel urin pembalap yang sudah selesai balapan dan kembali ke ruang ganti pembalap di pit stop. 

Setelah pengambilan sampel urin maka sampel urin akan disegel dan dikirimkan ke pusat pengecekan doping di Jerman. Sungguh menarik pengalaman menjadi petugas doping di event Formula 1 Sochi ini, Semoga kelak event Formula 1 bisa kembali di selenggarakan di Rusia yang rencananya akan pindah dari Sochi ke Saint Petersburg jika tidak ada sanksi bagi GP Sochi di Rusia.


Penulis

~APB 17 Juni 2022

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan