Mohon tunggu...
Aryanto Husain
Aryanto Husain Mohon Tunggu... Freelancer - photo of mine

Saya seorang penulis lepas yang senang menulis apa saja. Tulisan saya dari sudut pandang sistim dan ekonomi perilaku. Ini memungkinkan saya melihat hal secara komprehensif dan irasional.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Back To Nature - ASN dan ATM Sumber Daya Alam

12 September 2022   13:46 Diperbarui: 12 September 2022   14:00 135 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Keindahan Pantai Biluhu dari Obos Resto (Dokpri)

Tidak seperti umumnya pelantikan pejabat atau pengurus dalam birokrasi Pemerintah yang dilakukan secara formal di ruang tertutup ber AC, pelantikan KORPRI Kabupaten Gorontalo kali ini dilakukan berbeda. 

Pada Jumat, 02/09/2022, Pengurus KORPRI yang akan menjalankan tugasnya periode 2022-2027 dilantik oleh Bupati Gorontalo di tempat terbuka, di sebuah tempat wisata dekat pantai, di pantai selatan Provinsi Gorontalo. 

Back To Nature, kira-kira demikian semangatnya.

Di lokasi ini, sejauh mata memandang yang nampak adalah buih ombak yang berkejaran ke pantai. Suara gemuruh menyentak, terlebih saat gelombang kecil menghantam bebatuan yang berserakan di intertidal zone, area antara pasang tertinggi dan pasang terendah.

Di bagian daratan, pohon kelapa dan vegetasi pesisir lainya mengelilingi bangunan resto dan cottage yang dibangun untuk mendukung even wisata di tempat ini.  Unik, menarik, dan menyegarkan. Acara yang dilaksanakan hari Jumat sore itu seolah menutup rangkaian jam-jam padat di sepanjang 5 hari kerja di kantor, Senin hingga Jumat. What a hectic day!

Namun bagi saya agenda pada sore ini memberi insight sekaligus inspirasi yang relevan dengan perlunya pandangan baru bagi ASN dalam melihat alam dan sumberdaya di dalamnya.

Alam dan Ketamakan Manusia

Tuhan Maha Adil. Dia menciptakan alam sekitar untuk menampung kegundahan, kesedihan kita. Saat puncaknya COVID-19, alam menjadi tempat yang dianjurkan untuk healing. Back to nature for healing. Maka kita sering mendengar forest healing, dan lain-lain.

Lebih jauh lagi, Tuhan menciptakan alam beserta isinya untuk menopang kehidupan manusia. Dalam piramida rantai makanan (food chain), manusia menempati tangga tertinggi. Manusia menjadi konsumer akhir dari proses produksi dan produktivitas yang berada pada jenjang dibawahnya.

Laut, pegunungan, dan hutan adalah ekosisitm dimana berbagai proses produksi tercipta. Di laut, proses ini mulai dari plankton yang dimakan oleh ikan-ikan kecil. Terjadi magnifikansi produktivitas saat ikan kecil ini di makan ikan-ikan yang lebih besar. Proses produksi ini terhenti saat ikan-ikan yang berukuran jauh lebih besar ditangkap oleh manusia untuk menjadi makanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan