Mohon tunggu...
ARYA ALFIAN DESA
ARYA ALFIAN DESA Mohon Tunggu... Mahasiswa

HukaHukaMonaka

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mewujudkan Kemajuan Perekonomian Desa dengan Mengembangkan Teknologi

25 Januari 2021   11:29 Diperbarui: 25 Januari 2021   11:55 53 0 1 Mohon Tunggu...

Pengantar

Di zaman modern ini sangat mudah sekali mengakses semua yang kita inginkan, mulai dari akses komunikasi, makanan, penjualan, dan masih banyak lagi. Perkonomian di daerah kita masih kurang maju terutama daerah pedesaan, disana banyak sekali sumber daya alam yang bagus untuk dimamfaatkan dalam menjalankan bisnis selain itu kerajinan tangan yang sekarang jarang sekali digunakan orang banyak. 

Menjalankan dan memulai berbisnis bukan perkara mudah kita harus sudah mengetahui peluang dan tujuan kita kedepannya, menentukan untung rugi ketika bisnis mulai berjalan. Memadukan antara bisnis dan teknologi sudah banyak kita ketahui dan sangat mudah sekali untuk diakses dan dijalankan oleh penggunanya, dalam karya ini penulis akan memadukan antara bisnis dan teknologi. Sumber daya alam dan juga kerajinan tangan yang ada dipedesaan meliputi hasil sawah hasil kebun dan hasil bumi, dalam penghasilan itu semua bisa dipadukan dengan kecanggihan teknologi yang ada sekarang. Menggunakan teknologi dari media sosial dan media lain yang nantinya akan memudahkan kita dalam menjalankan Bisnis.

  • Persiapan Pembukaan 

Untuk memulai jalannya bisnis ini kita harus mengetahui dulu daerah pedesaan mana yang nantinya akan kita tuju atau mengawali bisnis dengan memerhatikan situasi seperti akses jalan, internet, teknologi yang ada dan sumber daya penghasilan yang akan dikeluarkan nantinya juga tidak lupa dengan kerajinan tangan yang masih banyak orang buat.

  •  Tahapan awal

Tahapan awal dalam memulai bisnis ini adalah mendatangi petani yang memiliki hasil pertanian dan kebun, lalu setelah kita ketahui barang yang nantinya akan kita jualkan. Singkong, kentang, beras, sayuran, buah-buahan, cabe, dan kebutuhan pokok lainnya itu semua barang yang akan kita kelola dalam menjalan bisnis ini. Selain itu juga, kita mencari orang-orang yang masih membuat kerajinan tangan seperti Boboko, Asepan, Nyiru, Hawu, Tudung/Cetok, dan masih banyak lagi kerajinan yang lainnya.

 Melihat dari era sekarang pasti sudah jarang sekali orang-orang yang menggunakannya karena sudah tergantikan dengan teknologi yang terbaru, namun semakin jarangnya penjualan barang tadi maka semakin banyak yang akan minat terhadap barang tersebut, entah akan digunakan sebagai fungsinya atau hanya digunakan sebagai pajangan untuk memperindah rungan dengan nuansa pedesaan nostalgia. Dalam tahapan tersebut kita menjalin kerjasama dengan para petani dan pengerajin untuk mengembangkan perekonomian yang mereka jalankan agar lebih maju lagi dan tidak ketinggalan jaman.

  • Tahapan ketiga

Tahapan ketiga adalah memasarkan barang-barang yang sudah ada, yaitu dengan memadukan dan memamfaatkan teknologi. Dengan cara sederhana yakni dengan memposting melalui media sosial semua barang-barang yang kita jual didukung dengan isi deskrifsi dan foto-foto yang menarik untuk membuat pembeli atau konsumen tertarik dengan barang-barang yang kita jual. Menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram yang sudah ada tools untuk kita berjualan. 

Selain di Facebook dan Instagram, kita juga menjualkannya melalui WhatsApp dengan cara shear ke setiap orang atau menggunakan sistem jalur pribadi (Japri). Dalam tahapan ini dibutuhkan rasa konsisten yang membuat kita harus terus menerus memperhatikan setiap barang kita jual dan juga memfollowup lagi setiap pengumuman yang buat agar membuat para konsumen menjadi penasaran dan terterik terhadap barang yang kita jual.

Semua tahapan yang kita lakukan dalam memulai bisnis hingga menjalankannya semua dilakukan dengan memamfaatkan teknologi sederhana yang sudah berkembang di era  sekarang. Dalam jangka waktu yang sudah ditentukan kita kembali melihat hasil dari bisnis yang kita jalankan dengan berapa penghasilan yang sudah masuk ke kantong kita sehingga dengan ini tahapan yang kita buat bisa diperbaharui lagi atau dikembangkan dengan metode yang lebih baik.

  • Pertahanan Eksistensi

Menjalankan bisnis dipadukan dengan perkembangan teknologi sudah kita rangkai setiap tahapannya sesuai dengan judul dan tujuan yang sudah ditentukan yakni memajukan perekonimian didaerah pedesaan. Dari hasil bisnis yang sudah dirancang dan dilakukan hal yang terpenting adalah bagaimana kita mempertahankan eksistensi bisnis kita sehigga bisa terus berjalan sampai tujuan yang kita inginkan.

Ditengah perjalanan ketika berbisnis pasti selau ada yang namanya permasalahan salah satuya yaitu persaingan dengan pembisnis yang konsepnya sama dengan kita. Solusinya adalah agar satu sama lain saling menguntungkan, dalam permasalahan ini bagaimana kita bisa menjalin kerjasama dalam menjalankan bisnis ini yaitu dengan komunikasi menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga  membuat pesaing kita ingin berkerjasama dengan bisnis yang sedang kita jalankan bersama, yang tadinya menjadi pesaing sekarang menjadi rekan bisnis. Berkerjasama ini kembali membuat kita untuk membuat rencana tambahan dengan rekan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN