Mohon tunggu...
Benediktus AryaSena
Benediktus AryaSena Mohon Tunggu... Mahasiswa FK Universitas Diponegoro

Mahasiswa FK Universitas Diponegoro angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN Mahasiswa Undip Membantu Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat Kelurahan Peterongan

11 Agustus 2020   10:53 Diperbarui: 11 Agustus 2020   10:57 2 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Mahasiswa Undip Membantu Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat Kelurahan Peterongan
Proses perencanaan program kerja pertama dengan ketua RT 02 Bapak Zainindra Yuliansyah Ridmar (15/07)

Semarang (09/08/2020) Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Periode 2020 telah melaksanakan dua program kerja KKN di lingkungan RT 02 RW IV Kelurahan Peterongan Semarang, yaitu "Penyuluhan Kepada Masyarakat Usia Muda Terkait Pemakaian Masker yang Dapat Digunakan Kembali Dalam Masa Pandemi Covid-19" dan "Promosi Protokol New Normal Melalui Media Cetak pada Masyarakat Kelurahan Peterongan Semarang". Pelaksanaan program kerja ini berlangsung selama 4 minggu dan berhasil menarik perhatian berbagai lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga Camat Semarang Selatan.

Kelurahan Peterongan sebenarnya sudah ditetapkan sebagai kampung siaga Covid, dengan upacara peresmian diadakan pada tanggal 7 Agustus 2020. Kelurahan RW dan RT telah menerapkan berbagai protokol pemerintah yang dirancang untuk pandemi Covid-19 ini, dan masyarakat secara umum telah mengikutinya dengan baik. Namun dari observasi yang dilakukan oleh mahasiswa, masalah terbesar yang muncul adalah kepatuhan pemakaian masker anak-anak yang rendah, terutama saat bermain pada pagi dan sore hari.

Dengan bantuan Bapak Zainindra Yuliansyah Ridmar selaku ketua RT 02 dan Bapak Poniman selaku ketua RW IV Kelurahan Peterongan, diadakan perencanaan dan persiapan kedua program tersebut. Program pertama dilaksanakan pada tanggal 19 Juli dalam bentuk sosialisasi kepada anak-anak mengenai pemakaian masker. Sosialisasi dilaksanakan dengan demonstrasi pemakaian masker dan cuci tangan. Beberapa anak mendapatkan hadiah untuk sesi tanya jawab dan dapat mendemonstrasikan pemakaian masker dengan benar. Sosialisasi ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan menggunakan masker serta memerhatikan protokol pada anak-anak saat mereka bermain atau bersepeda di tempat umum. Dari survei hari-hari setelahnya, didapatkan kepatuhan pemakaian masker pada anak-anak lebih tinggi. Peraturan wajib masker juga ditegakkan oleh penjaga posko setempat.




Peserta program sosialisasi pemakaian masker dengan hadiah yang diberikan (18/07)
Peserta program sosialisasi pemakaian masker dengan hadiah yang diberikan (18/07)

Anak-anak mematuhi protokol pemakaian masker saat bermain (21/07)
Anak-anak mematuhi protokol pemakaian masker saat bermain (21/07)

Untuk program kedua, edukasi protokol New Normal kepada warga RT 02 dilakukan dengan cara berkeliling antara rumah-rumah warga Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Media cetak yang digunakan untuk sosialisasi adalah pamflet yang dirancang untuk membantu artikulasi materi tentang dasar-dasar protokol New Normal. pembagian pamflet yang disertai sosialisasi dilakukan pada rumah-rumah warga dimulai pada pukul 4 sore hari Minggu 2 Agustus 2020 dan dipilih rumah dimana penghuni hadir dan bersedia untuk menerima sosialisasi. Rakyat yang diberikan edukasi umumnya berasal dari kalangan ekonomi menengah hingga menengah keatas. Edukasi dilakukan hingga pukul 18:30 dan berhasil merangkap 8 rumah warga RT 02. Rumah yang menjadi sasaran adalah rumah tangga biasa yang umumnya berada di bagian belakang blok utama RT 02.

Program sosialisasi dan pemberian pamflet mengenai protokol New Normal kepada warga RT 02 RW IV Kelurahan Peterongan (02/08)
Program sosialisasi dan pemberian pamflet mengenai protokol New Normal kepada warga RT 02 RW IV Kelurahan Peterongan (02/08)

Pada hari Senin 3 Agustus 2020, dilakukan pembahasan program tersebut dengan ketua kelurahan Peterongan dan perwakilan dari seluruh RW dan RT setempat sebagai bagian dari pertemuan utama yang membahas penerapan Kampung Siaga Covid di lingkungan RT 02. Pembahasan ini juga disertai dengan donasi dari mahasiswa berupa masker kain yang disertai dengan bonus pensil warna yang ditujukan pada anak-anak di lingkungan RW IV. Undangan juga diberikan untuk menghadiri peresmian Kampung Siaga Covid-19 yang akan dihadiri oleh Camat Kecamatan Semarang Selatan pada hari Kamis 6 Agustus 2020.

Pemberian masker dalam pertemuan dengan ketua RW IV dan ketua Kelurahan Peterongan (03/08)
Pemberian masker dalam pertemuan dengan ketua RW IV dan ketua Kelurahan Peterongan (03/08)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x