Mohon tunggu...
Arvian Fathoni Rachman
Arvian Fathoni Rachman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Football enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Testimoni Pasca Geladi Hominisasi

31 Mei 2022   16:59 Diperbarui: 31 Mei 2022   17:05 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proses kegiatan geladi hominisasi dimulai dari adanya penugasan pra-geladi yang instruksinya diberikan melalui e-mail pada beberapa hari sebelum geladi hominisasi dilaksanakan. Tugas yang diberikan merupakan tiga pertanyaan yang mencakup lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza dan pertanyaan mengenai peran generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Setelah melewati rangkaian tugas pra-geladi, selanjutnya adalah hari pelaksanaan geladi hominisasi pada tanggal 22 Mei 2022 yang dilakukan secara daring dari pukul 8 pagi hingga pukul 1 siang. 

Dalam pelaksanaan geladi hominisasi terdapat beberapa sesi, diantaranya adalah sesi perkenalan dengan dosen fasilitator, sesi games melalui quizziz, sesi pematerian, sesi diskusi bersama kelompok di breakout room, dan sesi presentasi kelompok. Pada saat geladi hominisasi berlangsung, saya merasa proses pelaksanaannya sangat seru dan bermanfaat karena dari setiap sesi yang dilakukan saya bisa mendapat pelajaran serta wawasan baru dari dosen-dosen maupun teman-teman yang baru saya kenali, mulai dari wawasan mengenai sejarah Universitas Katolik Parahyangan, sejarah Indonesia, hari-hari penting di Indonesia, hingga wawasan bagaimana cara berpikir secara kritis yang tepat serta wawasan seputar bagimana cara melakukan presentasi yang benar dan menarik bagi audiens. 

Namun, diantara berbagai sesi yang dilalui, bagi saya yang paling menarik dan berkesan adalah sesi berdiskusi dan berdinamika bersama teman-teman yang baru saya kenal di breakout room. Mengapa demikian? Hal tersebut menarik karena menurut saya pada sesi itu terdapat tantangan bagaimana saya dilatih untuk bekerja sama secara kompak dengan teman-teman yang baru saya kenal untuk mencapai sebuah target yaitu harus bisa menyelesaikan satu tema untuk dipresentasikan dalam waktu yang sangat singkat yaitu 4 menit. 

Dalam mempresentasikan hasil diskusinya, saya beserta kelompok saya langsung menerapkan metode bagaimana cara melakukan presentasi yang benar yang sudah dijelaskan oleh dosen fasilitator, yang mana metode tersebut mencakup 3 bagian yaitu knowing, understanding, dan innovating. Setelah sesi presentasi selesai, terdapat pengumuman kelompok mana yang terbaik dalam melakukan presentasi dan setelah itu langsung ke penutupan serta pengumuman untuk tugas yang akan diberikan untuk pasca geladi. 

Bagi saya, ada banyak manfaat dari geladi hominisasi yang sudah saya ikuti tersebut, diantaranya adalah saya menjadi terlatih untuk bekerja sama secara kompak, saya jadi mengetahui bagaimana pentingnya melestarikan bahasa serta kebudayaan bangsa Indonesia, dan saya menjadi lebih terlatih untuk berpikir secara kritis dalam menghadapi masalah baik di lingkungan rumah maupun di lungkungan perkuliahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun