Mohon tunggu...
Arvia Roosiana
Arvia Roosiana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang mencoba peruntungan lewat menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kamu Itu Salah, Jangan Nangis!

13 November 2020   11:18 Diperbarui: 13 November 2020   11:23 164 3 3 Mohon Tunggu...

Menangis merupakan keadaan dimana seseorang mengeluarkan air mata sebegai bentuk respon tubuh saat menghadapi emosi ataupun meluapkan kesedihan yang dimiliki.

Pernahkah kalian menangis karena terlalu kesal dengan suatu hal atau menangis karena memiliki masalah? Biasanya kita akan mudah menangis ketika merasa bersalah atau tertekan, apakah ada penjelasannya? Yuk simak lebih lanjut.

Saat ini sedang ramai diperbincangkan film dengan judul Story Of Kale, film ini menceritakan masalalu seorang laki - laki bernama Kale tapi yang menjadi pembahasan kali ini adalah adegan di mana Dinda (lawan main Kale) yang sedang menangis, dibentak dengan kalimat "Jangan nangis, kamu itu salah, jangan nangis!"

Jadi apakah menangis tandanya salah? Kenapa seseorang menangis ketika berbuat salah? 

Pasti kalian pernah menangis kan? Nah menangis pasti disebabkan oleh suatu pemicu, beberapa pemicu yang dapat menyebabkan seseorang menangis antara lain sedih karena kehilangan, terharu, bisa juga menangis setelah menonton adegan pada suatu film atau ada juga yang menangis saat mengiris bawang merah.

Menangis bukan suatu hal yang memalukan kok, jadi ketika menangis kita tidak perlu malu atau takut diejek, nyatanya menangis bukan berarti lemah karena menangis adalah hal yang wajar dilakukan oleh seseorang. Karena rasa sedih, sakit atau terharu saat menangis adalah reaksi alami dari tubuh manusia.

Menangis karena berbuat salah adalah sebuah bentuk pertahanan diri yang dilakukan oleh tubuh karena merasa bersalah dan kecemasan yang dirasakan dalam waktu yang bersamaan, itukah sebabnya ketika panik, merasa bersalah dan cemas kita bisa tiba tiba menangis karena itu adalah reaksi yang dibuat tubuh.

Jadi walaupun menangis dianggap suatu hal yang memalukan, sebenarnya di balik itu ada manfaatnya lho.

Sebenarnya apasih manfaat di balik menangis?

Pernahkah kalian melihat dalam sebuah film ada adegan dimana seseorang berkata "Menangislah jika itu membuatmu lega?" Jadi apakah menangis membuat lega?

Manfaat menangis antara lain yaitu mengatasi stress, mengurangi rasa sakit, menyeimbangkan emosi, dan bisa juga untuk menenangkan diri. Menangis menyebabkan sistem saraf parasimpatik aktif karena rangsangan kelenjar yang terletak di mata. Stimulus ini mengirimkan perasaan positif ke seluruh tubuh. Karena itu, tangisan yang lama dan keras akan berakhir dengan rasa lega dan rileks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x