Mohon tunggu...
Arum NurtamiSubarkah
Arum NurtamiSubarkah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Active

Let it go

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Remaja Perempuan Mengalami Insecure di Saat Pandemi Covid-19

28 September 2021   09:15 Diperbarui: 28 September 2021   09:34 43 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Remaja Perempuan Mengalami Insecure di Saat Pandemi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Arum Nurtami Subarkah
NIM    : 20211023031292
 
Insecure adalah rasa tidak percaya yang disebabkan oleh rasa takut kekurangan dan kecemesan. Insecure sering kali di rasakan oleh para remaja perempuan, karena sering membanding-bandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. 

Seperti halnya di Indonesia sendiri mempunyai standar kecantikan atau good looking yang berkulit putih dan mulus, padahal orang Indonesia rata-rata memiliki warna kulit sawo matang. 

Di Indonesia sekarang yang sedang mengalami pandemi covid-19 banyak para perempuan memanfaatkan waktu dirumah dan melakukan perawatan untuk mendapatkan kulit yang di tandai dengan standar kecantikan di Indonesia. 

Di zaman globalisasi yang sekarang ini dengan mudahnya mengakses internet untuk mencari informasi-informasi terbaru. Dari internet terdapat banyak tips untuk kecantikan.
5 cara untuk menghilangkan rasa tidak percaya diri :

1.)  Memiliki kesadaran untuk semua pengalaman.
Seseorang  yang sudah berfungsi sepenuhnya akan menyaring semua hal dialami pada self, dan memiliki sikap terbuka dengan apa yang dirasakan dalam keadaan baik ataupun buruk ( Person Centered Theory)

2.) Berperan aktif untuk kehidupan setiap saat.
Seseorang yang memperlihatkan kontribusi yang dikerjakan di suatu organisasi dan lingkungan.

3.) Memiliki kebebasan tanpa di halangi apapun.
Seseorang akan lebih paham masa depan itu ditentukan dengan diri sendiri dan tidak di tentukan orang lain( Person Centered Carl Rogers)

4.) Memiliki  kepercayaan diri baik dengan dirinya sendiri.
Manusia telah berhasil mengaktualisasilan dirinya dengan menjadi manusia yang berfungsi sepenuhnya akan memiliki kepercayaan diri  dan dapat memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan.(Carl Rogers)

5.) Memiliki kemampuan beradaptasi ketika ada perubahan di dalam lingkungan. Dapat berpikir kreatif di keadaan apapun.
Cara berpikir yang dapat mengarah sesuatu yang baru, berinovasi, dan memiliki kreatifitas adalah seseorang yang mampu memiliki inovasi.(Weisberg (2006)).

 
Daftar pustaka
Rahmah, AR. (2020). Perasaan Insecure Pada Masa Covid-19 Mengakibatkan Maraknya Orang Menjual Produk Kecantikan. https://osf.io/preprints/socarxiv/uc735/
 
Gunawan N C (2021) Kepribadian Fully Function Person Pada Karakter Rara Dalam Film ' Imperfect '. e-Proceding of Management 8(2) 1681-1700 . https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/14838/14615

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan