Mohon tunggu...
Arumbinang Alun Segara
Arumbinang Alun Segara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Bermain musik

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kenali 6 Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Online

30 November 2022   20:34 Diperbarui: 30 November 2022   20:39 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Maraknya kasus penipuan yang terjadi di media sosial membuat banyak orang mengalami kerugian yang nominalnya bahkan sampai puluhan juta rupiah. Dengan hadirnya new media yang memudahkan semua orang untuk mengakses informasi, berita, melakukan transaksi jual beli, dan sebagainya, membuat kita terpengaruh oleh kecanggihan dan kelebihan dari new media ini. Tanpa kita sadari dibalik layar media massa yang menawarkan hal-hal menarik dan memuaskan terdapat berjuta-juta hal buruk yang akan menghampiri kita ketika kita telah terpengaruh oleh konstruksi media massa.

Berikut Beberapa Cara agar Kita Bisa Terhindar dari Penipuan Jual Beli Online

1. Memilih Toko Online Shop Terpercaya

Ketika kita ingin membeli suatu barang pada toko online shop alangkah baiknya jika kita sudah mengetahui toko online shop tersebut sejak lama. Sehingga, kita tidak perlu lagi khawatir dengan adanya penipuan pada toko online tersebut. Namun, jika kita ingin membeli suatu produk pada toko online shop yang sama sekali belum kita ketahui dengan jelas maka lebih baik kita hindari dan meminta rekomendasi pada orang terdekat kita, toko online shop mana yang terpercaya dan sudah teruji keresmiannya.

2. Periksa Reputasi Toko Online Shop

Biasanya toko online shop yang telah terdaftar pada marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan sebagainya telah memiliki platform penilaian atau rating dari para konsumennya. Jika toko online tersebut memiliki rating yang bagus dan tanggapan yang diberikan oleh konsumen juga positif maka bisa dikatakan bahwa toko online tersebut memiliki reputasi yang baik terhadap para konsumennya.

3. Periksa Ulasan Produk Toko Online Shop

Ketika akan membeli suatu produk periksa dahulu ulasan yang tersedia pada toko online yang ingin kalian tuju. Dengan melihat ulasan, kita dapat mengetahui apa kekurangan dan kelebihan suatu toko online shop tersebut. jika pada toko online tersebut terdapat banyak ulasan yang baik dan positif maka bisa dikatakan toko tersebut tidak ada niat untuk melakukan aksi penipuan terhadap konsumennya.

4. Bandingkan Harga Produk

Dengan cara ini, kita dapat mengetahui harga asli dari produk yang akan kita beli. Ketika ada suatu barang ditawarkan pada media massa ataupun pada toko online shop dengan harga yang berbeda jauh dari harga aslinya kita bisa tau toko online shop ini berniat untuk melakukan penipuan atau tidak. Jika harganya berbeda sedikit dari harga asli itu masih dalam hal yang wajar namun, jika harganya sangat murah dan berbeda jauh dari harga aslinya bisa jadi itu adalah penipuan atau mungkin barang yang dijual bukan produk yang original.

5. Gunakan Cara Pembayaran yang Aman dan Nyaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun