Mohon tunggu...
Arum Setyawati
Arum Setyawati Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswi

Belajar. Mengajar. Terpelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UPGRIS 2021: Pelatihan Pembuatan Konten Promosi dan Akun di Marketplace bagi Pelaku Home Industry

24 Februari 2021   15:15 Diperbarui: 24 Februari 2021   15:18 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UPGRIS 2021: Pelatihan Pembuatan Konten Promosi dan Akun di Marketplace bagi Pelaku Home Industry
Dok. pribadi

Pelaku home industry dapatkan pelatihan pembuatan konten media sosial dan akun di marketplace. Mae selaku pemilik usaha moy.collection mendapat pelatihan pada 28 Januari dan 16 Februari 2021 di kediamannya. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu mempromosikan usaha saudari Mae dan memperluas jangkauan pasar usahanya. Meski tengah sibuk mengejar tenggat baju yang diproduksi, pemilik usaha tetap meluangkan waktu untuk menerima pelatihan.

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak sekali aspek yang terdampak tak terkecuali para pelaku home industry. Tak sedikit para produsen yang kehilangan pelanggan karena produknya tidak dapat dijangkau. Untuk itu, pelatihan pembuatan konten media sosial dan pembuatan akun di marketplace ini diberikan.

Siti Kumaesaroh atau yang lebih akrab dipanggil Mae merupakan pemilik usaha moy.collection yang bergerak di bidang pakaian, khususnya gaun dan kebaya. Sejauh ini, para pelanggan Mae berasal dari desa Margosari dan sekitarnya, paling jauh pun dari luar kecamatan. Mae mengaku belum mendapat pelanggan dari luar Kabupaten dan Ia ingin mengembangkan usahanya.

Pelatihan pembuatan konten untuk promosi di media sosial dilaksanakan pada 28 Januari lalu. Media sosial yang dipilih yaitu Instagram sebab owner sudah memiliki akun instagram untuk usahanya namun masih belum terurus. Untuk itu, pelatihan pembuatan konten ini dilaksanakan agar isi akunnya dapat tertata sehingga menarik minat orang-orang. Setelah itu, pada 16 Februari dilaksanakan pelatihan pembuatan akun di salah satu marketplace yaitu Shopee. Pembutaan akun ini dapat memperluas jangkauan konsumen sehingga tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan pelanggan dari luar daerah. Semua pelatihan dilaksanakan di kediaman saudari Mae di RT 4 RW 3 Desa Margosari, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Pelatihan ini diberikan agar saudari Mae dapat mengembangkan usahanya melalui kemajuan teknologi. Selain itu, melalui pelatihan ini juga saudari Mae bisa lebih leluasa memasarkan produknya sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selama ini pelatihan berjalan lancar, saudari Mae juga cepat memahami instruksi yang diberikan dan mengikuti kegiatan dengan antusias.

VIDEO PILIHAN