Mohon tunggu...
Putu BagusJanuarta
Putu BagusJanuarta Mohon Tunggu... Asli

Hanya Sekedar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Potensi Ekonomi Berdasarkan Sistem LQ

1 Desember 2019   18:00 Diperbarui: 1 Desember 2019   18:04 141 0 0 Mohon Tunggu...

Pada perekonomian Negara Indonesia yang merupakan salah satu negara berkembang saat ini masih berusaha mengembangkan wilayah per wilayah sehingga dapat menimbulkan persaingan per sektor dalam wilayah maupun luar wilayah yang bertujuan meningkatkan pendapatanan ekonomi perkapita sehingga menciptakan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan sektor basis pada tiap wilayah masing masing, Sektor basis wajib menjadi fokus utama pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan per kapita tiap wilayah yang bertujuan dapat menambah kemakmuran penduduk nya  metode yang tepat untuk masalah ini adalah metode LQ (Locatio  Quotient). Metode ini sangatlah tepat untuk memberikan solusi pada masalah ini. Metode LQ ini merupakan metode yang paling sering digunakan untuk mengetahui sektor ekonomi basis yang ada di suatu wilayah dengan cara membandingkan antara data PDRB di suatu kab/kota dengan PDRB yang berskala provinsi atau nasional. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari sektor ekonomi tersebut.

beberapa sektor seperti pertanian, industri, perjas dan pariwisata merupakan sektor yang mempengaruhi sektor ekonomi basis dalam suatu wilayah dan wilayah tersebut wajib memiliki sektor tersebut agar dapat meningkatkan ekonomi daerahnya, beberapa sektor diatas pasti memiliki kelebihan dan kekurangan pada setiap daerah maka dari itu, tugas pemerintah pusat maupun provinsi harus pintar mengolahnya agar dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang maksimal, sektor pertanian adalah sektor yang paling vital dan bisa dikatakan harus ada kalau bisa menonjol karena Indonesia sendiri merupakan negara agraris yang artinya sebagian penduduk nya bekerja sebagai petani dan oleh sebab itu sektor pertanian setiap daerah harus diperhatikan agar dapat menjadikan pertanian sebagai ekonomi basis tiap daerah dan negara Indonesia kedepannya. Metode LQ sangat mudah untuk menemukan apakah sektor tersebut layak menjadi sektor ekonomi basis ataupun sebaliknya, Jika layak maka hal tersebut harus diperhatikan secara detail dari pemerintah daerah sehingga bisa mencukupi kebutuhan di dalam dan bisa memasarkan produk mereka keluar daerah sehingga mendapatkan pendapatan ekonomi daerah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x