Mohon tunggu...
arsya sadid
arsya sadid Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pengalaman Belanja Online dengan Sistem Pembayaran yang Aman

3 Desember 2016   10:29 Diperbarui: 3 Desember 2016   10:34 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: kompasiana

Di era yang sudah sangat modern saat ini,perubahan bukan hanya terjadi pada perangkat komunikasi dan transportasi,bahkan perubahan terjadi juga pada pola hidup manusia,dimana dahulu kita berbelanja secara langsung ke penjual,namun saat ini kita berbelanja dapat dilakukan dimanapun kita berada,tanpa harus bertatap muka dengan penjual.


Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan “Pengalaman Saya Belanja Online dengan Sistem Pembayaran yang Aman”
Tepatnya Pada bulan September 2013 saya mencari sebuah produk baterai smartphone dan chargernya,saya sudah mencari ke berbagai took handphone di pekanbaru,bahkan di service centernya,ternyata tidak ada yang menjualnya.Akhirnya saya pun browsing dan menemukannya di sebuah blog yang bisa dibilang kurang bunafit,namun apa mau dikata,hanya di blog itu yang menjual produk tersebut.Sebelum saya melakukan pembayaran,saya mengkonfirmasi terlebih dahulu ke nomor hp yang tersedia pada blog tersebut.Pada saat saya konfirmasi hingga transfer pembayaran,pelayanannya sungguh manis,tapi setelah uang di transfer,komunikasi terputus dan penjual tidak bisa di hubungi sama sekali.


Mau saya laporin ke polisi,nominalnya Cuma Rp.250.000,- rasanya percuma saja.akhirnya saya mengikhlaskannya saja dan saya pun menyimpan smartphone tersebut.
Lalu,pada bulan November 2016saya mendapatkan informasi dari salah seorang teman saya yang kebetulan aktif dalam bisnis jual beli online di beberapa “Online Shop Terpercaya”,dia memberitahu kalau mau melakukan pembelian online,kita sekarang dapat menggunakan jasa pihak ketiga,dimana kita dapat bertransaksi tanpa takut terjadinya penipuan,karna apabila barang yang kita pesan tidak sampai,maka uang kita akan dikembalikan.


Metode pembayaran menggunakan “Payment Request Uangkumerupakan salah satu dari sekian banyak metode pembayaran online,sistem pembayaran ini sangat terjamin,karna sistem pembayaran ini dipegang oleh perusahaan besar.


Akhirnya saya mencari lagi baterai dan charger smartphone tersebut di online shop. Akhirnya saya menemukan produk tersebut,karna kapok dengan kejadian yang terdahulu,akhirnya saya memutuskan menggunakan metode pembauaran dengan menggunakan pihak ketiga dan saya pun melakukan pembayaran. Yang anehnya saya mendapatkan harga barang + ongkos kirim lebih murah seharga Rp.180.000. Apa karna sudah berselang 2 tahun,maka harga barang tersebut turun ? entahlah,yang pasti saya saat pembelian mendapatkan harga yang murah dan barangnya pun saya terima dengan kondisi baik.ternyata dengan kehadiran pihak ketiga merupakan solusi "Belanja di Media Sosial".


Sedikit saran dari saya : Jangan tergiur dengan harga murah dan lakukan pembelian di situs “Online Shop Terpercaya” ,Serta lakukan pembayaran dengan menggunakan pihak ketiga seperti “Payment Request Uangku”

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun