Mohon tunggu...
Arvin Surya Wibowo
Arvin Surya Wibowo Mohon Tunggu... ..................

...........................

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peranan Teknologi dalam Kemajuan Pendidikan Indonesia

20 November 2019   08:13 Diperbarui: 20 November 2019   08:16 0 0 0 Mohon Tunggu...
Peranan Teknologi dalam Kemajuan Pendidikan Indonesia
suarapalu.com

Masalah pendidikan masing sering kita jumpai diberbagai daerah. Baik secara langsung maupun melalui media elektronik, seperti televisi, HP, dll. seharusnya seluruh anak indonesia mendapatkan hak pendidikan. seperti dalam UUD 1945,pada alinea ke 4. salah satunya yang berbunyi "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa",dengan demikian pendidikan merupakan faktor utama dalam kehidupan.

Pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam kemajuan suatu negara, negara dikatakan maju  apabila bidang pendidikannya juga maju. Pendidikan merupakan akar pohon dari suatu negara, apabila akarnya rapuh maka pohon tersebut akan roboh karena tidak ada pondasi yang kuat, menurut World Economic Forum (WEF) merilis hasil pemeringkatan yang dilakukan Worldwide Educating for the Future Index (WEFFI) pada 12 Maret 2019.

Laporan WEFFI oleh Economist Intelligence Unit menggunakan 3 indikator utama yakni: (1) inisiatif kebijakan, (2) metodologi pengajaran, dan (3) lingkungan sosial ekonomi dan melibatkan 50 negara sebagai target penelitian, Indonesia berada di ranking 37 dalam daya saing.

Di era globalisasi sekarang teknologi sangat besar pengaruhnya untuk kemajuan dunia, teknologi seakan-akan menjamur ke segala bidang seperti pemanfaatan teknologi dibidang komunikasi, pemanfaatan teknologi dibidang kedokteran, dll. Hal tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama dibidang pendidikan.

Negara harus beradaptasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan cepat, negara harus bisa mencampurkan bidang pendidikan dengan kemajuan teknologi  sehingga menghasilkan sistem pendidikan yang maju dan kekinian. 

Perlu adanya kerja sama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, mulai dari pemerintah yang harus mengupdate kurikulum jadul menjadi  maju, serta swasta dan masyarakat yang mendukung pemerintah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x