Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Guru - Jayalah Nusantara

Menyenangi Kata Kesepian dan Gaduh

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Lokasi KKN di Desa Penari, Versi Erick Thohir Diragukan?

21 Mei 2022   18:02 Diperbarui: 21 Mei 2022   18:06 1386 49 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi wawancara seputar Desa Penari antara Erick Thohir dan Sudirman. Sumber: screenshot/instagram.com/@erickthohir 

Heboh cerita "KKN di Desa Penari" menggoyang dunia maya. Plot mengalir mistis. Menampilkan sosok dunia gaib Badarawuhi hingga Mbah Buyut.

Terlebih, masih terjadi tarik ulur tentang lokasi terjadinya kisah mistis yang dialami 6 mahasiswa saat menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata). Sengaja dirahasiakan oleh pengarang dengan dalih atas permintaan narasumber.

Demikian juga Awi Suryadi sebagai sutradara film KKN di Desa Penari, masih menutup rapat lokasi sebenarnya. Bahkan menegaskan jika indikasi tempat KKN di Desa Penari yang diunggah lewat video di kanal instagram Menteri BUMN Erick Tohir tidak sesuai dengan yang disampaikan pengarang cerita KKN di Desa Penari.

Beberapa Versi Lokasi KKN di Desa Penari

Keengganan pengarang cerita (SimpleMan) dan sutradara film (Awi Suryadi) membuka tabir lokasi "KKN di Desa Penari" menimbulkan polemik. Praduga lokasi KKN mengemuka di jagat media yang berusaha menyamakan dengan plot cerita.

Alhasil, muncul beberapa asumsi yang diperkirakan sebagai lokasi KKN Desa Penari. Tempat terjadinya peristiwa mistis yang dialami oleh 6 mahasiswa sewaktu melakukan KKN.

Versi pertama mengarah ke daerah terpencil di sekitar Gunung Gumitir. Tepatnya di Kampung Perkebunan Gumitir peninggalan zaman Hindia Belanda. Praduga dikuatkan dengan adanya "Patung Penari" di Alas Gumitir dekat Kampung Perkebunan Gumitir. Padahal patung dibuat dalam wujud "Penari Gandrung" sebagai simbol khas dan sambutan simbolik selamat datang di "Banyuwangi Kota Gandrung".

Rumah Dinas Manager di Kampung Perkebunan Gumitir. Sumber. Dokpri
Rumah Dinas Manager di Kampung Perkebunan Gumitir. Sumber. Dokpri

Penulis yang pernah mendatangi lokasi Kampung Perkebunan Gumitir (lihat sumber) sangat tidak yakin sebagai tempat KKN di Desa Penari. Mengapa? Karena perkampungan dihuni oleh mayoritas muslim nan taat. Dibuktikan dengan berkumandangnya Adzan Dhuhur saat melintasi Kampung Perkebunan Gumitir.

Bahkan kegiatan olah hasil perkebunan masih aktif dilakukan di pabrik yang ada di Kampung Perkebunan Gumitir hingga sekarang. Lengkap dengan Kantor Administrasi dan Rumah Manager sebagai pimpinan kawasan Perkebunan Gumitir.

Ada juga versi yang mengarah ke suatu tempat di Kecamatan Glenmore. Daerah yang mempunyai beberapa wilayah nuansa magis. Khususnya sekitar hutan Gunung Raung bagian selatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan