Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

22 Juni 2021: Google Doodle Bermasker, Apa Maksudnya?

22 Juni 2021   04:48 Diperbarui: 22 Juni 2021   05:17 343 49 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
22 Juni 2021: Google Doodle Bermasker, Apa Maksudnya?
Tampilan Google Doodle, Selasa 22 Juni 2021. Sumber: Screenshot/google.com/doodles

Pengguna mesin telusur Google pasti sangat akrab dengan tampilan gambar di atasnya. Gambar nan unik dan sering berubah seiring dinamika kehidupan yang mungkin "ditangkap" oleh Tim Doodle nan kreatif.

Dikutip dari google.com/doodles, Doodle adalah perubahan logo Google yang asyik, mengejutkan, dan kadang spontan, untuk merayakan liburan dan peristiwa penting, serta memperingati kehidupan para seniman, pelopor, dan ilmuwan terkenal.

Ide membuat orat-oret di atas mesin telusur Google muncul di tahun 1998. Konsep orat-oret lahir saat pendiri Google, Larry dan Sergey, bermain-main dengan logo perusahaan untuk menandakan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun pasir Nevada.

Mereka meletakkan gambar orang sederhana di belakang huruf "o" kedua dalam kata Google, dan logo yang direvisi itu dimaksudkan sebagai sebuah pesan komikal bagi para pengguna Google bahwa pendirinya sedang "di luar kantor".

Meskipun orat-oret pertama relatif sederhana, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan acara penting telah dimulai sejak saat itu.

Hari ini, Selasa 22 Juni 2021, Google Doodle menampilkan 6 karakter animasi lucu. 5 karakter menerima vaksin dengan senang. 1 karakter pemberi vaksin.

Ketikkan di mesin telusur Google, "apa itu Google Doodle", dan klik Google Doodles. Maka karakter Google Doodle akan bergerak. Dimulai dari karakter paling kanan, menerima vaksin Covid-19 hingga tuntas ke paling kiri.

Tampilan pesan Google Doodle, 22 Juni 2021. Sumber: Screenshot/google.com/doodles
Tampilan pesan Google Doodle, 22 Juni 2021. Sumber: Screenshot/google.com/doodles
Sebelah kiri dari gambar karakter, muncul bilah keterangan "22 Jun 2021. Get Vaccinated. Wear a Mask. Save Lives". Terjemahan ke Bahasa Indonesia berarti "Dapatkan Vaksin. Tetap Gunakan Masker. Selamatkan Nyawa".

Ternyata Google Doodle hari ini (22 Juni 2021) membawa pesan moral penting. Sangat terkait dengan kondisi Indonesia saat ini yang tengah gencar melakukan program vaksinasi Covid-19 untuk usaha keselamatan bersama. Terpenting, perlu peran serta aktif masyarakat secara menyeluruh, bukan malah antipati dan menyebar hoaks tentang program vaksinasi Covid-19.

Sedangkan pesan "Tetap Gunakan Masker" sangat terkait dengan gejala melonjaknya kasus terkonfirmasi Covid-19 di berbagai daerah dan seiring dengan kurangnya kesadaran masyarakat melaksanakan protokol kesehatan, utamanya disiplin diri memakai masker.    

Tampilan Peta Vaksinasi di Indonesia. Sumber: Screenshot hasil pencarian google terkait lokasi vaksin/google.com/
Tampilan Peta Vaksinasi di Indonesia. Sumber: Screenshot hasil pencarian google terkait lokasi vaksin/google.com/
 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN