Mohon tunggu...
Arif R. Saleh
Arif R. Saleh Mohon Tunggu... Banyuwangi-Probolinggo, Satu Jiwa.

Menyenangi kata yang kesepian dan gaduh

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Oyster Plant dan Calathea Medallion, Tanaman Kado Tren 2021

6 Januari 2021   14:37 Diperbarui: 6 Januari 2021   14:47 864 64 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Oyster Plant dan Calathea Medallion, Tanaman Kado Tren 2021
Ilustrasi Oyster Plant sebagai Kado Istimewa. Sumber: colortree1215 on shopee.co.id

Pandemi Covid-19 belum ada tanda akan berakhir. Bekerja dari rumah dan pembatasan sosial menyebabkan orang mencari kegiatan alternatif. Alhasil, tren 2020 demam tanaman hias diperkirakan tetap menjadi tren 2021 di Indonesia.

Tahun 2020 menjadi tahun heboh bagi tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansonii  Variegata.  Tanaman hias unik ini mampu menguras kantong kolektor. Bahkan untuk harga per daunnya saja bisa mencapai 40 juta rupiah. Label harga yang fantastis tentunya.

Tanaman Janda Bolong yang mahal ini adalah tanaman hias impor yang memiliki bentuk daun unik dan sudah mengalami mutasi genetik secara alami.  Mutasi genetik yang dimaksud adalah daun monstera telah menghasilkan perpaduan warna hijau dan putih, bahkan kadang kuning pada daunnya.

Tren menanam dan mengoleksi tanaman unik dimungkinkan akan tetap terjadi di tahun 2021. Namun, akan lebih mengarah pada tanaman unik nan praktis. Tepatnya adalah tanaman unik dan praktis yang dapat difungsikan sebagai hadiah atau kado di hari istimewa seseorang.

Berikut ini 2 tanaman unik nan praktis yang akan menjadi tren di 2021 menggantikan ketenaran "Si Janda Bolong".

Oyster Plant atau Tradescantia Spathacea 

Tanaman yang berasal dari daerah Mexico Selatan dan Amerika Tengah ini mempunyai nuansa warna kombinasi ungu, pink, dan kehijauan pada daunnya. Oyster plant sangat cocok untuk mempercantik tampilan ruangan di rumah atau pun kantor.

Sebenarnya tanaman ini mempunyai bunga berwarna putih dan berbentuk kerang. Bunga Oyster plant nyaris tak terlihat karena ukuran bunganya yang kecil. Sehingga yang lebih dominan tampak adalah daunnya. Tanaman hias ini masuk dalam kategori semak.  Berkembang biak dengan percabangan tunas. Bentuk daunnya yang seperti daun nanas dan bunganya yang seperti kerang menjadikan tanaman ini dinamakan juga nanas kerang.

Cara menanam dan merawat tanaman Oyster Plant:

Pilihlah batang tanaman yang sudah tua dan memiliki akar yang kuat. Potonglah ujung batang hingga kira kira cukup untuk ditanam. Untuk media tanam, anda tak usah khawatir, karena tanaman jenis ini tetap dapat tumbuh di tempat yang minim unsur hara sekalipun.

Nanas kerang akan menghasilkan anakan yang terhubung dengan induknya melalui akar sambung. Untuk memperbanyak dan mempercepat penyebaran oyster plant, anda bisa memisahkan anakan ini sebagai tanaman baru. caranya, potong akar sambung dan tanam di tempat yang terpisah.

Oyster plant tergolong dalam tanaman spermatophyta atau tanaman yang menghasilkan biji. Oyster plant yang telah mampu menghasilkan biji ditandai dengan munculnya bunga kecil berwarna putih. Cara menanam oyster plant dengan biji jarang dilakukan karena dianggap lama dibanding dengan penanaman menggunakan teknik stek atau pemisahan anakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x