Mohon tunggu...
Arrizal Muhaemin Yunus
Arrizal Muhaemin Yunus Mohon Tunggu... Biodata

Kelahiran Jakarta, 05 Agustus 1986

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

[Outing Class] Kelas Akselerasi SMP Islam Al-Azhar BSD

12 Oktober 2019   23:19 Diperbarui: 13 Oktober 2019   09:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
[Outing Class] Kelas Akselerasi SMP Islam Al-Azhar BSD
Kunjungan kelas Akselerasi ke PIF 2019

Tangerang Selatan, Dalam rangka memenuhi agenda program kerja SMP Islam  Al Azhar BSD tahun pelajaran 2019-2020 yaitu Outing Class Akselerasi, Panitia SMP Islam Al Azhar BSD telah mengunjungi dua tempat pembelajaran bagi siswa/i kelas Akselerasi, yaitu Puspiptek Innovation Festival (PIF) dan Lubana Park Outbond. PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) merupakan agenda tahunan PUSPIPTEK, yang diselenggarakan untuk memperingati hari jadi setiap tanggal 1 Oktober. 

Dikutip dari situs resmi pif.ristekdikti.go.id, kegiatan ini berfungsi untuk mempromosikan kapasitas sumber daya ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (IPTEKIN) dimana pelaksanaanya sendiri sudah menjadi acara tahunan yang diselenggarakan oleh PUSPIPTEK yang bekerja sama dengan BPPT, LIPI, BATAN, dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. 

Rangkaian kegiatan PIF ini ada banyak, diantaranya adalah pameran produk, lomba, science tour, workshop, explore puspiptek, dan kegiatan-kegiatan menarik lainnya. 

Bertempat di gedung pertemuan Graha Widya Bhakti atau drn ini para siswa/i kelas Akselarasi yang berjumlah 18 orang ikut melihat dan mencoba beberapa alat peraga yang disediakan oleh pihak PPIPTEK TMII di salah satu tempat pamerannya. Ada alat peraga musik angklung otomatis, alat peraga listrik statis, gyroscope, dan lain-lain.

Percobaan alat peraga PPIPTEK di PIF 2019
Percobaan alat peraga PPIPTEK di PIF 2019

Kunjungan di PPIPTEK - PIF 2019
Kunjungan di PPIPTEK - PIF 2019
Selain kunjungan ke PIF, siswa/i kelas Akselerasi juga melakukan kegiatan Outbond yang bekerja sama dengan tempat rekresasi edukasi yaitu Lubana Sengkol Park yang berada di desa Sengkol yang berjarak kurang lebih 15 menit dari tempat pameran PIF Puspiptek Tangerang Selatan. 

Di tempat ini ada beberapa kegiatan outbond yang dilakukan oleh para siswa/i, diantaranya adalah: fun games untuk melatih konsentrasi dan kekompakan, flyingfox untuk melatih keberanian, naik kano untuk melatih keseimbangan, panahan untuk melatih ketepatan dan daya fokus, tangkap ikan untuk melatih koordinasi fisik dan strategi, ice breaking, dan game edukasi lainya.

Persiapan Outbond di Lubana Park
Persiapan Outbond di Lubana Park
Sampai jumpa tahun depan dengan kegiatan Outing Class dengan suasana baru. Terima kasih kepada ibu-ibu wali siswa kelas Akselerasi dan pihak Outbond Lubana Park yang telah memberikan pengalaman baru bagi siswa siswi kelas Akselerasi beserta keluarga besar SMP Islam Al-Azhar BSD Kota Tangerang Selatan. (AMY)